SISTEM INFORMASI PENCATATAN KODE DIAGNOSA DAN TINDAKAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT

Authors

  • Yunita Wisda Tumarta Arif Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Tominanto Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Niken Galuh Aryani Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/sikenas.v0i0.1238

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi, berpengaruh pada penggunaan sistem informasi seperti pada bidang kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem informasi pencatatan kode diagnosa dan tindakan pasien rawat inap di Rumah Sakit. Adanya sistem informasi dapat diharapkan dapat membantu proses pengolahan, penyimpanan dan penyediaan informasi yang jelas dan akurat pada suatu instansi pelayanan kesehatan.
Salah satu data yang perlu dilakukan pencatatan pada bagian rawat inap adalah data kode diagnosa dan kode tindakan medis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan data sekunder. Data sekunder diperoleh dengan cara menggunakan data dari hasil penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mereview jurnal dan karya tulis ilmiah terdahulu. Metode pengembangan sistem yang dilakukan menggunakan metode SDLC yang terdiri dari tahap inisiasi, analisis, desain dan implementasi.
Sistem informasi pencatatan kode diagnosa dan tindakan pasien rawat inap di rumah sakit berbais web dengan PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai database. Sistem informasi yang dibuat diharapkan mampu memudahkan pencatatan kode diagnosa dan tindakan serta memudahkan dalam pengolahan data dan pelaporan yang diperlukan.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Pencatatan, Diagnosa, Rawat Inap, Rumah Sakit

Downloads

Published

2021-06-19

Issue

Section

Articles