PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS MUHAMMADIYAH SELOGIRI WONOGIRI

Authors

  • Nabilatul Fanny Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Sri Wahyuningsih Nugraheni Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Shofia Aji Hidayatillah Universitas Kusuma Husada Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/sikenas.v0i0.1236

Abstract

Masalah utama sebagai sebuah lembaga jasa pelayanan kesehatan adalah semakin banyaknya pesaing. Oleh karena itu, rumah sakit dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan konsumen dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar kepuasan konsumennya meningkat. Pihak rumah sakit perlu secara cermat menentukan kebutuhan konsumen sebagai upaya untuk memenuhi keinginan dan meningkatkan kepuasan atas pelayanan yang diberikan. Sebagai pelayanan kesehatan masyarakat umum, Rumah sakit Muhammadiyah Selogiri memiliki masalah utama yaitu mengenai pelayanan yang diberikan apakah sudah sesuai harapan pasien atau tidak. Oleh karena itu, pihak Rumah Saki dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan pasien dengan meningkatkan mutu pelayanan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk menelaah lebih dalam untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RS Muhammadiyah Selogiri Wonogiri. Jenis penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan Cross Sectional Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di rumah sakit Muhammadiyah Selogiri Wonogiri, dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling. Sedangkan analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program aplikasi komputer berbasis SPSS for windows. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat dilihat bahwa nilai F hitung 21.517 dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit Muhammadiyah Selogiri Wonogiri. Koefisien determinasi (r2) dari r = 0,8372 = 0,701. Artinya, r2 = 0,701 (70,1%) memberikan informasi bahwa kualitas pelayanan kesehatan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 70,1%, sedangkan sisanya 29,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulan dari hasil tersebut menunjukkan semakin tinggi mutu pelayanan kesehatan maka semakin tinggi pula kepuasan pasien.
Kata Kunci : kualtas pelayanan kesehatan, kepuasan pasien

Downloads

Published

2021-06-19

Issue

Section

Articles