FAKTOR-FAKTOR KETERLAMBATAN KLAIM BPJS

Authors

  • Linda Widyaningrum Fakultas Ilmu Kesehatan, Prodi RMIK UDB
  • Astri Sri Wariyanti Stikes Mitra Husada Karanganyar
  • Herlina Parwati Prodi RMIK UDB

DOI:

https://doi.org/10.47701/sikenas.v0i0.1224

Abstract

Keterlambatan klaim BPJS pada sarana pelayanan kesehatan berpengaruh pada mutu pelayanan kesehatan. Pada sarana pelayanan kesehatan masih mengalami keterlambatan sehingga harus di tunda dan masih terdapat dokumen klaim BPJS pasien belum diterima dan dikembalikan yang mengakibatkan klaim teapat waktu dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan penyebab katerlambatan klaim BPJS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review dengan framework PICO
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Proses pengumpulan artikel yang digunakan adalah database Google Scholar. Keyword dan Boolean operator dalam penelitian ini adalah “klaim BPJS AND keterlambatan OR tertundanya klaim BPJS.Pengumpulan data meliputi pencarian data yang diperoleh dari data sekunder dan meliputi screaning data/penilaian kualitas dengan menerapkan kriteria inklusi dan eklusi. Pengolahan data meliputi ekstraksi data dan sitesis data.
Hasil keterlambatan klaim dapat disimpulkan yaitu man, machine, method, money, materials. Faktor paling dominan dalam keterlabatan klaim BPJS adalah ketidaklengkapan pengisian dokumen klaim BPJS. Keterlambatan pengiriman berkas klaim berdampak kepada penerimaan pembayaran klaim dari BPJS Kesehatan
Kesimpulan yang dapat diambil faktor paling dominan keterlambatan klaim BPJS adalah ketidaklengkapan pengisian dokumen klaim BPJS. Perlu adanya kebijakan tentang standar pengisian dokumen berkas klaim dan kepatuhan dari komponen sumber daya untuk pengisian kelengkapan berkas klaim.
Kata Kunci : Studi Literatur, PICO, Keterlambatan, klaim, BPJS

Downloads

Published

2021-06-19

Issue

Section

Articles