PENGARUH SCREEN DEPENDENCY DISORDER (SDD) TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.47701/ovum.v5i1.4832Keywords:
Gadget, Perkembangan, Screen Dependency Disorders, Usia PrasekolahAbstract
Fase kehidupan pada periode balita dan anak pra sekolah terjadi perubahan yang sangat pesat dari segi pertumbuhan dan perkembangan. Perkembangan pada anak usia pra sekolah (60-72 bulan) terdiri dari aspek motorik kasar, motorik halus, bicara dan bahasa serta sosial dan kemandirian. Teknologi berkembang pesat diikuti dengan peningkatan penggunaan gadget pada anak usia pra sekolah. Screen dependency disorder (SDD) merupakan gangguan perilaku yang ditandai dengan penggunaan layar elektronik secara berlebihan yang berdampak negatif pada aspek sosial, emosional, fisik dan psikologis seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh screen dependency disorders (SDD) terhadap perkembangan anak usia pra sekolah di TK Kemala Bhayangkari Jombang. Penelitian secara kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada tanggal 22-27 September 2023 dengan melibatkan 52 responden yang didapat melalui teknik total sampling. Uji Spearman’s rank correlation digunakan dalam penelitian ini dan didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,001 < ? (0,05), sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat Screen Dependency Disorders (SDD) dengan perkembangan anak usia pra sekolah di TK kemala Bhayangkari Jombang. Nilai koefisien korelasi spearman sebesar 0,465 yang artinya terdapat hubungan dengan keeratan yang sedang antara kedua variabel, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Diharapkan orang tua dapat membatasi pemakaian gadget pada anak, mendampingin anak saat bermain dan memberikan kesempatan pada anak untuk bermain diluar rumah untuk bersosialisasi dan komunikasi untuk stimulasi perkembangan anak.
References
Antina, R. R., Qomari, S. N., & Soliha. (2022). Pengaruh Paparan Gadget Terhadap Resiko Speech and Language Delay Pada Anak Usia Pra Sekolah. Journal Universitas Pahlawan, 6(2), 174–178. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners
Hikmaturrahmah, H. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Musawa: Journal for Gender Studies, 10(2), 191–218. https://doi.org/10.24239/msw.v10i2.524
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Kementerian Kesehatan RI. (2022). PEDOMAN PELAKSANAAN Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan RI.
Portal Informasi Indonesia. (2025). Komitmen Pemerintah Melindungi Anak di Ruang Digital. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/9037/komitmen-pemerintah-melindungi-anak-di-ruang-digital?lang=1#:~:text=Sementara total jumlah populasi di,pengguna internet terbesar di dunia.
Puspita, S. (2020). MONOGRAF?: Fenomena Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini. In Cipta Media Nusantara. Cipta Media Nusantara (CMN). https://www.google.co.id/books/edition/MONOGRAF_Fenomena_Kecanduan_Gadget_Pada/iI0OEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=definisi+anak+pra+sekolah&pg=PA15&printsec=frontcover
Putu Dianisa Rosari Dewi, Soetjiningsih, Ida Bagus Subanada, I Made Gede Dwi Lingga Utama, I Wayan Dharma Artana, I Made Arimbawa, & Ni Nyoman Metriani Nesa. (2023). The relationship between screen time and speech delay in 1-2-year-old children. GSC Advanced Research and Reviews, 14(2), 001–006. https://doi.org/10.30574/gscarr.2023.14.2.0039
Sembiring, V. S. B., Betaubun, R. M. N., & Suratni. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadged Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini di Dusun Seran, Desa Rumbk Timur, Kecamatan Sakra Tahun 2023. PAPSEL Journal of Humanities and Policy, 01(02), 88–99.
Vivi Syofia Sapardi. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di Paud/Tk Islam Budi Mulia. MENARA Ilmu, XII(80), 137–145
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Sri Rahandayani, Dewi Pitriawati, Kolifah Kolifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.