KEUNGGULAN VIDEO EXPLAINER BERBAHASA LOKAL DIBANDINGKAN LEAFLET DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KELUARGA TERHADAP PENCEGAHAN TUBERKULOSIS

Authors

  • Sartika Sartika Universitas Negeri Gorontalo
  • Maryadi Maryadi Universitas Negeri Gorontalo
  • Indra Indra Universitas Negeri Gorontalo
  • Erwin Purwanto Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.47701/ovum.v5i1.4831

Keywords:

Edukasi, Leaflet, Tuberkulosis, Video Explainer

Abstract

Tuberkulosis (TB) menimbulkan persoalan serius bagi Indonesia, serupa dengan negara lain di tingkat global. Pemerintah telah melaksanakan berbagai insiatif pencegahan, termasuk program edukasi agar dapat meningkatkan kesadaran pemahaman masyarakat. Penelitian ini menguji efektivitas metode edukasi menggunakan video berbahasa lokal dan leaflet untuk mengoptimalkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan keluarga dalam pencegahan TB. sebanyak 78 responden dipilih secara purposive sampling dan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok intervensi menerima edukasi melalui video expaliner berbahasa lokal, sementara kelompok kontrol menggunakan leaflet. Pengumpulan data dilakukan dengan memakai angket yang valid dan reliabel (r > 0,316). Analisis statistik menggunakan uji-t berpasangan dan independen dilakukan untuk mengevaluasi perbedaan dan efektifitas antar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode edukasi, baik video explainer maupun leaflet, terbukti efektif meningkatkan pengetahuan responden secara signifikan (p < 0,05). Namun, video explainer berbasa lokal menunjukkan keunggulan dibandingkan leaflet dalam memengaruhi sikap dan meningkatkan keterampilan keluarga dalam pencegahan TB. dapat disimpulkan bahwa video explainer berbahasa lokal lebih superior dalam meningkatkan perilaku keluarga terkait pencegahan TB. Oleh karena itu, integrasi media ini dalam program edukasi kesehatan di Puskesmas, terutama pada fase awal pengobatan dan kunjungan rumah, sangat dianjurkan.

References

Avelina Y, Pora YD. (2021). Efektivitas video edukatif terhadap keterampilan mahasiswa pada program studi S1 keperawatan dalam melakukan komunikasi terapeutik. Jkj.

Bello-Bravo J, Payumo J, Pittendrigh B. (2021). Measuring the impact and reach of informal educational videos on YouTube: The case of Scientific Animations Without Borders. Heliyon.

Chen X, Du L, Wu R, Xu J, Ji H, Zhang Y, et al. (2020). The effects of family, society and national policy support on treatment adherence among newly diagnosed tuberculosis patients: A cross-sectional study. BMC Infect Dis.

Christianingsih & Puspitasari. (2021). Pendidikan Kesehatan Dengan Media Leaflet Dan Video Dalam Meningkatkan Pertolongan Pertama Luka Bakar a Comparative Study Of Health Education With Leaflet Media And Video In Improving Knowledge On First Aid Burnings Siska Christianingsih

Gelaye KA, Debalkie G, Ayele TA, Wami SD, Sisay MM, Fetene D, et al. (2020). The role of mass media exposure on tuberculosis knowledge and attitude among migrant and seasonal farmworkers in Northwest Ethiopia. BMC Infect Dis. Vol 20(1).

Global tuberculosis report. 2024

Habibzadeh H, Shariati A, Mohammadi F, Babayi S. (2021). The effect of educational intervention based on Pender’s health promotion model on quality of life and health promotion in patients with heart failure: an experimental study. BMC Cardiovasc Disord.

Hariningsih AS, Kurniawan E. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding the Utilization of Explainer Video Animation to Support the Optimalization of Health Protocol During the Covid-19 Outbreak (Case Study: Health Promoters and Cadres in DKI Jakarta). 2022

Hodam H, Rienow A, Juergens C. (2021). Creating and testing explainer videos for earth observation. Remote Sens (Basel). Vol 13(20).

Holst C, Sukums F, Ngowi B, My Diep L, Kebede TA, Noll J, et al. (2021) Digital health intervention to increase health knowledge related to diseases of high public health concern in Iringa, Tanzania: Protocol for a mixed methods study. JMIR Res Protoc.

Kemenkes Republik Indonesia. (2024). Revisi Strategi Nasional Penanggulangan Tuberkulosis Di Indonesia 2020-2024 Dan Rencana Interim 2025-2026.

Lolong DB. (2020). Health seeking behavior among pulmonary tuberculosis suspects in the community in Indonesia. Working paper.

Mulyono S, Nurachmah E, Sahar J, Prasetyo S. (2018). Collaborative Model of Teachers, Students, and Families to Improve Parents Knowledge and Skills on Food Safety of Elementary School Students. Jurnal Ners.

Notoadmodjo S. (2012). Promosi Kesehatan & Prilaku Kesehatan. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo S. (2014). Promosi Kesehatan, Teori & Aplikasi, ed. revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Palimbong YW, Saud S, Saleh N. (2020). Penerapan Media Video Animasi dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas II SMAN 11 Makasar. Diss Universitas Negeri Makassar.

Sari ED. (2021). Jurnal Keperawatan & Kebidanan Jurnal Keperawatan & Kebidanan. Jurnal Keperawatan.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Sartika, S., Maryadi, M., Indra, I., & Purwanto, E. (2025). KEUNGGULAN VIDEO EXPLAINER BERBAHASA LOKAL DIBANDINGKAN LEAFLET DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KELUARGA TERHADAP PENCEGAHAN TUBERKULOSIS. OVUM : Journal of Midwifery and Health Sciences, 5(1), 42–49. https://doi.org/10.47701/ovum.v5i1.4831