HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RSUD BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.47701/ovum.v5i1.4771Keywords:
Kualitas layanan, kepuasan pasien, BPJS, rawat jalanAbstract
Kualitas pelayanan kesehatan menjadi salah satu faktor kunci dalam menentukan tingkat kepuasan pasien, khususnya bagi pengguna BPJS Kesehatan yang menggunakan layanan rawat jalan di rumah sakit. RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai rumah sakit rujukan utama di daerah tersebut memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien pengguna BPJS yang menggunakan layanan rawat jalan di RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien pengguna BPJS rawat jalan di RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara periode Januari sampai dengan Mei 2024 sebanyak 544 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah divalidasi. Kualitas pelayanan diukur dengan menggunakan beberapa indikator, seperti keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan fasilitas fisik. Sementara itu, kepuasan pasien diukur melalui tingkat kepuasan secara umum terhadap pelayanan yang diterima. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan aplikasi spss versi 25.0 dan diuji dengan menggunakan uji chi-square. Hasil uji statistik Chi Square menunjukkan bahwa bukti langsung (p = 0,395), keandalan (p = 0,006), daya tanggap (p = 0,614), jaminan (p = 0,258) empati (p = 0,000). Hal ini berarti dimensi kehandalan dan empati memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS rawat jalan, sedangkan bukti fisik, daya tanggap dan jaminan tidak berhubungan dengan kepuasan pasien. Oleh karena itu, manajemen rumah sakit perlu terus meningkatkan dan memastikan kualitas pelayanan yang optimal untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pasien
References
Afrioza, S., dan Baidillah I. (2021). Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sepatan. Jurnal Nursing Practice Education, Vol. 1(2):169–80.
Amalia, Momen et al. (2023). Persepsi Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan dan Dimensi Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah. Journal of Pharmaceutical and Health Research, Vol. 4(1), hal: 129?133.
Dewi, Risma & Fikri Faidul Jihad. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan. Jurnal Kesehatan Tambusai, Vol. 4(3), hal:3662-3671.
Fitriani, Nur. (2024). Hubungan Kepuasan Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Ruang Rawat Inap RSU Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2023. Skripsi, Universitas Halu Oleo Kendari.
Harini, Tri Lestari et al. (2023). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Pusat Ratatotok Buyat. Jurnal Sains dan Teknologi, Vol. 4(3), hal: 189-198.
Kemenkes RI. (2023). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2021. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Librianty, N. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Mawar RSUD Bangkinang Tahun 2016. Jurnal Ekonomi KIAT. Vol. 29(1):11–20.
Lisdiana, I., et al. (2023). Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening Pada Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, 1(2 SE Articles), 50–63.
Pulungan, Nursamina et al. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Rawat Jalan di Rumah Sakit Bhakti Mulia Tahun 2023. Jurnal Kesehatan Tambusai, Vol. 4(3), 2168-2176.
Rahmaningtyas, R.I., dan Supriyanto S. (2019). Pengaruh Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Di Poliklinik Hamil Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Haji Surabaya the Effect Of Service Quality On Patients’satisfaction In The Maternity Polyclinic Of Outpatient Installation Of Surabaya Haji Public Hospital. Indonesian Journal of Publich Health, Vol 14(3);80-98.
Safitri, Dedek et al. (2022). Hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. 1(2), hal:94-103.
Shadrina, Zhafarin, et al. (202)3. Analisis Efektivitas Pelaksanaan UHC dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan di Indonesia. Jurnal Ventilator, 1(1), 01–09.
Siregar, Rabiul Marzuki et al. Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, Vol. 6(6), hal:1193-1199.
Sudirman et al. (2023). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Sulawesi Tengah: Ara Digital Mandiri.
Suryati, et al. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien BPJS terhadap Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 5(5):1102–12.
Tamrin, A. S., et al. (2023). Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Kantor PT. Taspen Cabang Manado. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 3(046).
Tumiwa, Finni F., & Rivolta A. Musak. (2024). Analisis Faktor Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Di Poliklinik Rawat Jalan RSU GMIM Bethesda Tomohon. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 8(1), hal:168-180.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mayurni Firdayana Malik, Rasma Rasma, Supriyadi Supriyadi, Indah Handriani, Misdayanti Misdayanti, Wa Anasari, La Ode Liaumin Azim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.