PENERAPAN TERAPI BERMAIN ORIGAMI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENJALANI HOSPITALISASI DI RUANG DADAP SEREP RSUD PANDAN ARANG BOYOLALI

Authors

  • Nurul Adkha Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Eska Dwi Prajayanti Universitas Aisyiyah Surakarta
  • Panggah Widodo Universitas Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47701/ovum.v3i2.2922

Keywords:

Anak Usia Prasekolah, PAS, Hospitalisasi, Kecemasan

Abstract

Latar Belakang; Pada usia prasekolah, aktivitas fisik pada anak meningkat yang menyebabkan anak sering kelelahan dan menyebabkan rentan terserang penyakit akibat sistem imun belum stabil sehingga daya tahan tubuh melemah yang mengharuskan anak untuk menjalani hospitalisasi. Masalah utama hospitalisasi anak yaitu terjadinya kecemasan. Salah satu cara untuk menurunkan kecemasan yaitu dengan penerapan terapi bermain origami. Tujuan : Mengetahui hasil penerapan setelah dilakukan terapi bermain origami untuk tingkat kecemasan anak usia prasekolah yang menjalani hospitalisasi di ruang Dadap Serep RSUD Pandan Arang Boyolali. Metode : Penerapan terapi bermain origami ini menggunakan metode studi kasus, dilakukan kepada 2 responden An.I dengan permasalahan kecemasan, takut saat hospitalisasi. An. M dengan permasalahan kecemasan serta rewel ketika dilakukan pengobatan. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kecemasan yang diukur menggunakan alat ukur Preschool Anxiety Scale (PAS) pada anak usia prasekolah dengan intervensi selama 3 hari dan durasi penerapan 20 menit, sebelum dilakukan terapi bermain origami yaitu skor 63-65 (kecemasan berat) dan sesudah dilakukan terapi bermain origami yaitu skor 23-24 (kecemasan ringan). Kesimpulan : Terapi bermain origami berpengaruh terhadap penurunan tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah yang menjalani hospitalisasi.

Kata Kunci : Anak Usia Prasekolah; PAS; Hospitalisasi; Kecemasan.

References

Agustina, A. N., Happy, M. C., & Aulina, N. (2019). Meningkatkan Kooperatif Anak Melalui Permainan Ular Tangga. JIKO (Jurnal Ilmiah Keperawatan Orthopedi), 3(1), 1–9.

Aliyah, H., & Rusmariana, A. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan Anak UsiaPrasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi : Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1, 377–384.

Arif, N., Mansur, R., & Kep, M. (2019). TUMBUH KEMBANG ANAK USIA PRASEKOLAH (M. Neherta & I. Mulya Sari (eds.).

Aryani, D., & Zaly, N. W. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar terhadap Kecemasan Hospitaslisasi pada Anak Prasekolah. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 101.

Da silva, G. F., Yulianti, N. R., & Ina, A. A. (2020). Terapi Bermain Origami Untuk Menurunkan Kecemasan Anak Usia Prasekolah Selama Hospitalisasi. Jurnal Kesehatan, 9(1), 13.

Ekasaputri, S., & Arniyanti, A. (2022). Efektivitas Terapi Audio Visual (Film Kartun) Terhadap Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 57–63.

Fadlian, & Konginan, A. (2019). Hospitalisasi Pada Anak-Child Hospitalization. 44–54. http://journal.unair.ac.id

Faidah, N., & Marchelina, T. (2022). Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Dirawat Di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus. Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 11(3), 218–228.

Harsismanto, J., Ramon, A., Putrawan, R., Padila, & Andri, J. (2021). Perbandingan Efektivitas Bermain Plastisin Dengan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 25–33.

Hastuti, D., Riyni, D. C., & Mulyati, R. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Reaksi Hospitalisasi Pada Anak usia Prasekolah di Rumah Sakit Dustira Cimahi. Jurnal Kesehatan Kartika, 15(2), 1–9.

Kodiriya, N. S., Munir, Z., Kholisotin, K., Fauzi, A. K., & Wahid, A. H. (2019). The effectiveness of playing Clay and Origami therapy to reduce therapy to reduce anxiety pediatric patients hospitalized. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 4(2), 151–160.

Musdalipa, Kanita, A., & Hartina, S. (2019). Anak Usia Sekolah Yang Menjalani Hospitalisasi : a Literature Review. Bimiki, 7(5), 1–13.

Nengsih, N. A. (2020). Origami Sebagai Tindakan Adjuvant Atraumatic Care Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Yang Menjalani Hospitalisasi Di Rsud 45 Kuningan. Journal of Nursing Practice and Education, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i1.194

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 16(1), 92–104.

Padila, P., Agusramon, A., & Yera, Y. (2019). Terapi Story Telling dan Menonton Animasi Kartun terhadap Ansietas. Journal of Telenursing (JOTING), 1(1), 51–66. https://doi.org/10.31539/joting.v1i1.514

Purnama, B. A., Indriyani, P., & Ningtyas, R. (2020). Pengaruh Terapi Story Telling Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah Dengan Hospitalisasi. JOURNAL Of, 5, 40–51.

Roslianti, E., Firmansyah, A., Nugraha, Y., Asmara, A. N., Maulidiyah, H., Monika, H., Fitriani, R., & Falah, S. A. (2022). Peningkatan Motorik Halus melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami di PAUD Kober Cempaka. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 4(3), 419.

Sapardi, V. S., & Andayani, R. P. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Kecemasan Pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 4(2), 34–40. https://doi.org/10.36984/jkm.v4i2.240

Saputro, H., & Fazrin, I. (2019). Anak Sakit Wajib Bermain di Rumah Sakit. In Sukarejo FORIKES.

Siregar,F.R.(2020). Hal-Hal Terkait Pentingnya Perencanaan Dan Implementasi Dalam Asuhan Keperawatan. 1–5.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2017) Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI). Edisi 1. Jakarta. Persatuan Perawat Indonesia

Tim Pokja SIKI DPP PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SLKI).Edisi. Edisi 1. Jakarta. Persatuan Perawat Indonesia

Tim Pokja SLKI DPP PPNI. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia (SLKI).Edisi. Edisi 1. Jakarta. Persatuan Perawat Indonesia

Windarwati, H. D. (2020). “Takut Kehilangan†Penyebab Kecemasan Keluarga Yang Merawat Anak Dengan Hospitalisasi Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 197–202.

Zakiah, R., Umu, F., & Afiqah. (2020). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan, 10(1), 39–47.

Zebua, F. (2020). Pentingnya Perencanaan dan Implementasi Keperawatan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. OSF Preprints, 1–8.

Downloads

Published

2023-10-23

How to Cite

Adkha, N., Prajayanti, E. D., & Widodo, P. (2023). PENERAPAN TERAPI BERMAIN ORIGAMI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENJALANI HOSPITALISASI DI RUANG DADAP SEREP RSUD PANDAN ARANG BOYOLALI. OVUM : Journal of Midwifery and Health Sciences, 3(2), 90–99. https://doi.org/10.47701/ovum.v3i2.2922