PENGARUH SIKAP EMPATI TENAGA KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN: META ANALISIS
DOI:
https://doi.org/10.47701/infokes.v13i2.3130Keywords:
pengaruh empati, kepuasan pasienAbstract
Kepuasan pasien merupakan harapan yang di inginkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan gambaran mutu pelayanan, apabila pasien merasa puas maka dapat dinyatakan pelayanan kesehatan bermutu. Salah satu dimensi mutu dalam pelayanan kesehatan yaitu empati. Sikap empati tenaga kesehatan yaitu hubungan komunikasi yang baik dan memahami kebutuhan pasien. Dimensi ini sangat berperan dalam memenuhi kepuasan pasien karena langsung berhadapan dengan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap empati tenaga kesehatan terhadap kepuasan pasien. Metode yang digunakan yaitu meta analisis dilakukan dengan PICO sebagai berikut: Populasi pada penelitian ini adalah pasien. Intervensi berupa tenaga kesehatan dengan sikap empati. Comparison berupa tenaga kesehatan tidak bersikap empati. Outcome berupa peningkatan kepuasan pasien. Studi meta-analisis diterapkan pada penelitian ini dengan sumber data elektronik: Google Scholar dan Pubmed. Artikel yang digunakan adalah artikel full-text dengan desain studi Cross sectional. Terdapat 6 artikel yang digunakan dalam penelitian ini yang dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3. Sebanyak 6 artikel dengan studi Cross sectional berasal dari Negara Indonesia, Malaysia dan China menunjukkan bahwa sikap empati petugas efektif untuk meningkatkan kepuasan pasien pengaruh tersebut secara statistik signifikan (aOR = 2.10; CI 95% = 1.72 hingga 2.56; p<0.001). Kesimpulan: Sikap Empati petugas kesehatan efektif meningkatkan kepuasan pasien.
Downloads
References
Anisah, I. Nasution, Z. dan Yuniati. 2022. Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Kesehatan yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Binjai Kota. Journal of Healtcare Technology and Medicine Vol. 8 No. 2 Oktober 2022
Elisabeth, S.W dan Purwoastuti, E. 2015. Mutu Pelayanan Kesehatan dan kebidanan, Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Fan, L. H, Gao. L, Liu. X, et all. 2017. perceptions of service quality in China: An investigation using the SERVQUAL model. PLoS ONE. Vol 12 hal 1-13.
Ilham. R. S, Paendong. M.S, Kekenusa. J.S. 2019. Analisis Regresi Logistik Untuk Menentukkan Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Kualitas Layanan Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Matematika dan Aplikasi. e-ISSN: 2685-1083.
Iman, A.T dan Suryani, D.L. 2017. Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I : Quality Assurance. Kemenkes RI
JBI. 2017. Checklist for analytical cross-sectional studies. https://jbi.global/critical-appraisal-tools.
Karnadi dan Lieskusumastuti, A.D, dkk. 2023. Meta-analisis Pengaruh Empati dalam Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Penelitian Perawat Profesional. Vol 5 No 3
Nur’aeni, R. Simanjorang, A. Jamaluddin. 2020. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit Izza Karawang. Journal of Healthcare Technology and Medicine Vol. 6 No. 2 Oktober 2020
Nurhidayat, Mhd. Simanjorang, M. Jamaluddin. 2019. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Kunjungan Berobat Pasien Rawat Inap pada Instansi Rawat Inap Anak di RSU Hidayah Delitua 2017. Global Health Science. Volume 4 Issue 3
Patodo, J.A, Rampengan, S.H. Umboh, J.M.L. 2020. Hubungan antara persepsi mutu layanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Medis di RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. Intisari Sains Medis 2020. Vol 11 no2: 434-438.
Purbo, B.B.D. 2012. The Relationship Between The Quality of Nursing Service and Patient Satisfaction In the Work Area of Cingkes Health Center in Simalungun Regency. Public Health Community Stikes Deli Husda.
Rahim, A.I.A. Ibrahim, M.I. Musa, K.I. Chua, S.L, dan Yaccob, N.M. 2021. Patient Satisfaction and Hospital Quality of Care Evaluation in Malaysia Using SERQUAL and facebook. Healthcare
Sibolon, U.F., Megawati., Maryanti.M. 2022. Analisis Mutu Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Anggrek Rumah Sakit Bhayangkara TK II Medan. Journal of Healtcare Technology and Medicine Vol. 8 No. 2 Oktober 2022.
Taufiq, M. Samsualam. Surahman, A. Batara. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasar Parepare. Journal of Muslim Community Health (JMCH) 2022. Vol. 3, No. 1. Page 83-92
Undang-Undang No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan.
Wira, D.D, Suarjana, I.K, Wijaya, I.P.G. Hubungan antara Persepsi Daya Tanggap dan Persepsi Empati dengan Kepuasan Pasien di RSUD Wangaya Denpasar. Public Health and preventive Medicine Archive (PHPMA) Vol 2, 116-120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lilik Anggar Sri Rahayuningsih, Nopita Cahyaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.