COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA UNIT STROKE CENTER RUMAH SAKIT

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47701/infokes.v2i1.131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi CRM berbasis web yang biasa disebut e-CRM (Electronic Costumer Relationship Management ) sebagai layanan bagi masyarakat umum dan khususnya bagi pasien untuk mendapatkan informasi dan pelayanan tanpa ada penghalang jarak maupun waktu. Selanjutnya penelitian ini bertitik pada pembuatan aplikasi e-CRM untuk stroke center pada sebuah rumah sakit. Dimana stroke center berfungsi sebagai pusat pelayanan baik informasi, pengobatan dan perawatan menyeluruh penderita stroke atau serangan otak akut yang memerlukan penanganan secepatnya sejak serangan muncul. Rumah sakit sebagai penyelenggara stroke center diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pasien lama ataupun pasien baru. Aplikasi e-CRM menggunakan internet dan SMS. Sedangkan metodologi pengembangan sistem menggunakan waterfall development dimana tahapannya meliputi analisa sistem, analisa kebutuhan, perancangan, pemrograman, pengujian dan pemeliharaan. Aplikasi yang dikembangkan ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Fitur yang diinginkan dari hasil penelitian ini adalah pelayanan pasien ( jadwal praktek dokter, jadwal terapi, pendaftaran terapi, pendaftaran home care, konsultasi, sms pemberitahuan jadwal checkup, jadwal terapi dan informasi literatur stroke berkala. Dengan adanya pelayanan ini diharapkan rumah sakit mampu memelihara hubungan dan pelayanan prima kepada pasien.

Kata Kunci : CRM, e-CRM, Stroke, Rumah sakit, pasien stroke

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-12-14

How to Cite

COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA UNIT STROKE CENTER RUMAH SAKIT. (2016). Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 2(1). https://doi.org/10.47701/infokes.v2i1.131