Sistem Penghitungan Pada Permainan Congklak Menggunakan Sensor Infrared
Keywords:
Elektronika, Sistem Arduino, Sensor InfraredAbstract
Sistem perhitungan skor pada congklak/dakon menggunakan Arduino merupakan solusi inovatif untuk mempermudah pemantauan skor secara otomatis dan akurat. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen utama yaitu sensor inframerah, Arduino, dan display digital. Sensor inframerah dipasang di sekitar ring untuk mendeteksi setiap bola yang berhasil masuk. Setiap kali bola melewati sensor, sinyal dikirim ke Arduino yang kemudian memproses data tersebut dan menambah skor pada display digital. Dengan menggunakan algoritma pemrograman yang efisien, sistem ini mampu menghitung skor dengan cepat dan meminimalkan kesalahan manusia dalam pencatatan skor. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan fitur reset otomatis yang memungkinkan skor diatur ulang setelah permainan selesai. Implementasi sistem ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pencatatan skor, tetapi juga memberikan pengalaman bermain yang lebih profesional bagi pemain. Dengan biaya yang relatif rendah dan instalasi yang mudah, sistem ini cocok digunakan pada congkla/dakon agar mempermudah semua kalangan agar bisa bermain . Penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi berbasis Arduino dapat digunakan secara efektif untuk aplikasi permainan tradisional, khususnya dalam memantau dan menghitung skor secara otomatis.
References
Hamidah UF, Saputra RD, Priandanu OH, Prasetyo AD, Susanto R. Perancangan Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Suara FC - 04 Berbasis Arduino Uno Bertema Gunungan Wayang. InProsiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Bisnis 2023 Jul 25 (pp. 793 -799).
E. Susilawati, D. Puspitasari, F. Kusumadewi, and L. Nuryanih, “MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI TAHUN 2020,” JURNAL MUTIARA NERS, vol. 4, no. 1, pp. 24–30, Feb. 2021, doi: 10.51544/jmn.v4i1.1297.
Aceng Abdul Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi”, ISSN : 1978-3310 ? E-ISSN : 2615-3467,Oktober (2020)
S. Rejeki, K. Fadhilla Ramdhania, K. Hantoro, F. I. Komputer, U. Bhayangkara, and J. Raya, “SISTEM INFORMASI PEMESANAN MENU MAKANAN BERBASIS WEB.”, Vol 8 , No 2 (2021)
Mia Amania, Gregorius Ari Nugrahanta, Irine Kurniastuti “PENGEMBANGAN MODUL PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KARAKTER ADIL PADA ANAK USIA 9-12 TAHUN”, Elementary School 8 (2021) 237 – 251, e-ISSN 2502-4264 Volume 8 nomor 2 Juli 2021
Benny, Muhammad Beldy Kusuma, & Muhamad Naufal Yuldam. (2019). Rancangan Bangun Alat Penghitung Skor Basket Otomatis Berbasis Mikrokontroler. Seminar Nasional Teknik Elektro, 3(2), 299–305
Ginanjar Wiro Sasmito” Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal”, Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT) , Vol. 2, No. 1, Januari 2017, ISSN: 2477-5126 e-ISSN: 2548-9356