E-Commerce Jual Beli Handphone Berbasis Web

Authors

  • Imam Arifin univer
  • Wayan Hany Robbayani Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Dicky Nur Safriza Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Sistem informasi, E-Commerce, Rapid Application Development

Abstract

Dengan semakin maju dan dinamisnya perkembangan teknologi informasi  serta semakin ketatnya persaingan pasar global, persaingan baik dalam dunia kerja maupun dunia usaha menjadi semakin ketat. Hal ini jelas berdampak pada semua jenis usaha dan  pelaku ekonomi harus mulai memikirkan terobosan-terobosan baru agar usahanya dapat bertahan dan  bersaing dengan kompetitor usaha lainnya. Kurangnya terobosan dalam pemasaran dari beberapa Toko Penjual Handphone dimana pemasaran menjadi garda depan perusahaan. Oleh karena itu, jika strategi pemasarannya tumpul  akan mempengaruhi proses kegiatan  usaha. Tentunya agar suatu perusahaan dapat bertahan, pemanfaatan teknologi informasi menjadi pilihan yang paling penting dalam perkembangan suatu perusahaan khususnya dalam bidang penjualan media elektronik, sehingga dapat mempertahankan daya saingnya dibandingkan dengan perusahaan lain. Untuk meningkatkan daya saing dapat dicapai dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan daya saing dan menjajaki peluang bisnis lainnya. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Rapid Application Development. Model ini digunakan karena mempunyai masa pengembangan yang singkat dan dianggap sebagai metode pengembangan yang  cepat. Merujuk pada penelitian sebelumnya, peneliti memilih model RAD  karena dianggap cocok untuk sistem e-commerce yang mereka bangun. E-commerce memfasilitasi aktivitas pemasaran  produsen  dan juga mengurangi biaya operasional aktivitas perdagangan dan  pemasaran, sehingga  meningkatkan volume penjualan dan  pendapatan. Peningkatan pendapatan sebesar  ini pada akhirnya akan mengembangkan bisnis Anda.

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesiahttps://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Sari Puspitarini (2023). E-Commerce : Pemanfaat E-Commerce Untuk Mendorong Generasi. PEMANAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional Vol. 3, No. 2 November 2023, Hal 144 – 152. E-ISSN : 2964 - 4533 P-ISSN : 2985-914X

Nuraida Wahyuni, Ade Irman Saeful Mutaqin S, Akbar Gunawan Marketplace : Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku UKM Wilayah Cilegon.

Badan Pusat Statistik Indonesia – Data Sensus Ekonomi 2016 https://se2016.bps.go.id/umkumb/

Oky Irnawati & Galih Bayu Aji Listianto (2018). RAD : Metode Rapid Application Development (RAD) pada Perancangan Website Inventory PT. SARANA ABADI MAKMUR BERSAMA (S.A.M.B) JAKARTA. Jurnal Evolusi Volume 6 Nomor 2 - 2018 | evolusi.web.id

Atang Saepudin, Riska Aryanti, Eka Fitriani, Dian Ardiansyah (2021). RAD : Perancangan Sistem E-Commerce Menggunakan Model Rapid Application. Paradigma, Vol. 23, No. 1 Maret 2021 P-ISSN 1410-5063, E-ISSN: 2579-3500

Eti Sri Asih, Kasmi. E-Commerce Web Mobile Untuk Layanan Jual Beli HP.

Downloads

Published

2024-07-18