Pengembangan Prototype Sistem Rekomendasi Oli Motor Berbasis Knowledge Based Filtering
Keywords:
Rekomendasi Oli, Knowledge Based Filtering, Kepercayaan PelagganAbstract
Motor memiliki peran penting sebagai sarana transportasi pribadi karena kepraktisan, kehematan dan kemampuannya di berbagai kondisi. Pemeliharaan motor, termasuk penggantian oli, harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kinerja motor tetap optimal. Banyak bengkel yang seringkali tidak bisa menyesuaikan jenis oli dengan kebutuhan motor atau pelanggan yang menyebabkan kurangnya kepercayaan pelanggan terhadap mekanik dan pihak bengkel. Prototype sistem rekomendasi berbasis knowledge based filtering dibangun untuk membantu pelanggan memilih oli yang sesuai dengan kriteria pribadi maupun kriteria motor mereka. Sistem ini menggunakan metode case based yang mempertimbangkan beberapa atribut oli agar sesuai dengan preferensi pengguna sehingga kenyamanan pengguna bisa terpenuhi dan kepercayaan pengguna pada bengkel tidak menurun.
References
F. SETIAWAN OCH A. MA'ARIF, ”SISTEM KEAMANAN SEPEDA MOTOR (SIKESEM) MENGGUNAKAN KAMERA DAN GPS BERBASIS INTERNET OF THINGS,” JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL, NR 1, P. 57, 2022.
N. T. M. SAGALA, JUNITA OCH C. HAYAT, ”SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MATIK MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE,” KOMPUTIKA: JURNAL SISTEM KOMPUTER, VOL. 9, NR 2, P. 123, 2020.
N. FATMAWATI OCH E. SOLIHA, ”KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR MATIC "HONDA",” JURNAL MANAJEMEN DAN TERAPAN, VOL. 10, NR 1, P. 1, 2017.
D. A. FAUZY, ISKANDAR, J. RAHMADHAN OCH R. PRIAMBODO, ”APLIKASI BENGKEL MOTOR DENGAN SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING,” JURNAL SISFOKOM, VOL. 9, NR 1, P. 89, 2020.
M. IRSYAM OCH P. SADARSYAH, ”PERANCANGAN ALAT PENDETEKSI KELAYAKAN OLI PADA KENDARAAN SEPEDA MOTOR BERBASIS ARDUINO UNO ATMEGA328,” SIGMA TEKNIKA, VOL. 2, NR 2, P. 179, 2019.
G. P. SUBHAKTI OCH Y. NATALIANI, ”ANALISIS DATA TRANSAKSI UNTUK PENEMPATAN PRODUK PRIORITAS OLI MOTOR MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI,” INOVTEK POLBENG, VOL. 7, NR 2, P. 243, 2022.
D. PRAYITNO, ”PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI,” JURNAL EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN, VOL. 15, NR 3, P. 321, 2015.
M. Z. HERMANTO, ”ANALISIS PENGARUH PELAYANAN JASA SERVICE SEPEDA MOTOR TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL ASTRA MOTOR PLAJU PALEMBANG,” JURNAL DESIMINASI TEKNOLOGI, VOL. 2, NR 2, P. 173, 2014.
R. R. NOVANDRA OCH H. HERYANTO, ”PERANCANGAN SISTEM REKOMENDASI INFLUENCER MENGGUNAKAN KNOWLEDGE BASED FILTERING,” MEDIA INFORMATIKA, VOL. 20, NR 3, P. 137, 2021.
N. HIDAYAT OCH K. HATI, ”PENERAPAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT DALAM RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI RAPOR ONLINE (SIRALINE),” JURNAL SISTEM INFORMASI STMIK ANTAR BANGSA, VOL. 10, NR 1, P. 8, 2021.