Sistem Rekomendasi Pemilihan Menu Seblak Dengan Teknik Collaborative Filtering
Keywords:
Sistem Rekomendasi, Seblak, Collaborative FilteringAbstract
Seblak merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki berbagai varian, sehingga seringkali masyarakat mengalami kesulitan dalam menentukan varian seblak. Sistem rekomendasi adalah sistem yang dibuat untuk memberikan rekomendasi suatu item. Dalam konteks kuliner, sistem rekomendasi dapat memainkan peran krusial dalam membantu pelanggan menemukan makanan yang sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka. Sehingga untuk mengatasi masalah dalam pemilihan menu seblak, maka diperlukan sebuah sistem rekomendasi yang dapat membantu pengguna dalam memilih varian seblak yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan sistem rekomendasi untuk memberikan rekomendasi varian seblak berdasarkan rating pengguna. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Waterfall, yang dimulai dari tahap analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, hingga pengujian dan pemeliharaan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner terhadap beberapa pelanggan yang sering melakukan pembelian di Kedai Angkringan Pewe. Sistem rekomendasi ini menggunakan metode Collaborative Filtering item to item, yang memanfaatkan rating pengguna terhadap suatu item untuk memberikan rekomendasi menu seblak yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem rekomendasi yang dikembangkan mampu menampilkan rekomendasi varian seblak berdasarkan rating pengguna. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem rekomendasi pemilihan menu seblak ini dapat menjadi solusi yang efektif bagi masyarakat dalam menentukan varian seblak. Dengan demikian, penerapan sistem rekomendasi ini dapat membantu meningkatkan kepuasan pengguna dan mendukung pengembangan bisnis kuliner.
References
S. P. Atteng, R. S. Asih, I. Aliyyatussaadah, R. Kamila, and F. M. A. Nana, “Tren Kuliner Seblak Sebagai Faktor Pendukung Perekonomian Masyarakat di Era Milenial,” Cive J. Penelit. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 1, no. 3, pp. 73–78, 2021, doi: 10.56393/decive.v1i3.289.
H. Februariyanti, A. Dwi Laksono, J. Sasongko Wibowo, and M. Siswo Utomo, “Implementasi Metode Collaborative Filtering Untuk Sistem Rekomendasi Penjualan Pada Toko Mebel,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 9, no. 1, pp. 43–50, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/9859
D. Sebastian, J. T. Beng, and Wasino, “Sistem Rekomendasi Pembelian Smartphone,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 11, no. 1, pp. 2–7, 2023, doi: 10.24912/jiksi.v11i1.24081.
J. Simbolon and J. Kasih, “Collaborative Filtering Dan Perancangan Website Gigidiyor Fashion Shop,” J. Strateg., vol. 1, pp. 227–236, 2019.
E. Jayadi, B. Mulyawan, and M. D. Lauro, “Implementasi Metode Collaborative Filtering Untuk Analisis Data Belanja Konsumen Berbasis Website (Studi Kasus Restoran Mykitchen),” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 9, no. 1, p. 57, 2021, doi: 10.24912/jiksi.v9i1.11559.
W. Soedjono et al., “Penerapan Metode Collaborative Filtering Pada Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian Studi Kasus?: Website Toko Helda Collection,” J. Strateg., vol. 10, no. 2, pp. 78–86, 2018, [Online]. Available: http://strategi.it.maranatha.edu/index.php/strategi/article/view/208
Dita Aisha and Ririen Kusumawati, “Implementasi Metode Algoritma Collaborative Filtering Dan K-Nearest Neighbor Pada Sistem Rekomendasi E-Commerce,” J. Ilm. Sist. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 3, pp. 25–38, 2022, doi: 10.55606/juisik.v2i3.314.
H. Hartatik, S. D. Nurhayati, and W. Widayani, “Sistem Rekomendasi Wisata Kuliner di Yogyakarta dengan Metode Item-Based Collaborative Filtering,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 55–63, 2021, doi: 10.47134/jacis.v1i2.8.
I. Oktaviani, V. Atina, and A. S. Andreas, “Sistem Informasi Manajemen Pendistribusian Obat Dengan Metode Waterfall,” Biner J. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 1, no. 1, pp. 52–55, 2022, doi: 10.32699/biner.v1i1.2540.
Anderias Eko Wijaya and Deni Alfian, “Sistem Rekomendasi Laptop Menggunakan Collaborative Filtering Dan Content-Based Filtering,” J. Comput. Bisnis, vol. 12, no. 1, pp. 11–27, 2018.
F. R. Hariri and L. W. Rochim, “Sistem Rekomendasi Produk Aplikasi Marketplace Berdasarkan Karakteristik Pembeli Menggunakan Metode User Based Collaborative Filtering,” Teknika, vol. 11, no. 3, pp. 208–217, 2022, doi: 10.34148/teknika.v11i3.538.