Anoman Pendeteksi Maling dengan Sensor PIR berbasis Arduino Uno

Authors

  • Fulgentius Yovandi Univer
  • Muhammad Firman Febrianto Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Tazkia Nurul Janah Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Rudi Susanto Univer

Keywords:

Alat Anti Maling, Sensor PIR, Arduino Uno

Abstract

 Sensor anti maling adalah perangkat electronik yang dibuat untuk mendeteksi infared manusia.bahan bahan yang digunakan untuk membuat perangkat ini antara lain, Arduino Uno,kabel jump,sensor pir dan buzzer.Tujuan utama dari membuat perangkat ini adalah untuk memberikan peringatan dini saat ada aktivitas mencurigakan terdeteksi, dan dapat melindungi aset berhaga.metode yang digunakan yaitu berbasis Arduino uno dan dibantu listing progam yang dibuat dari software Arduino Uno.Hasil yang diperoleh jika sensor pir di berikan gerakan, makan Buzzer akan menyala(berbunyi). Dalam kesimpulannya, sensor maling merupakan inovasi teknologi yang memberikan perlindungan yang efektif terhadap properti dan mencegah tindakan pencurian atau perusakan. Keandalan deteksinya, kemampuan adaptabilitas, dan integrasinya dengan sistem keamanan lainnya menjadikan sensor maling sebagai alat yang penting dalam upaya melindungi properti dan menjaga keamanan komunitas.

References

S. Juanita, “Prosiding Seminar Nasional XI "Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi,” 2016.

R. Susanto, I. Pradana, M. Qurdi, and A. Setiawan, “JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro) Rancang Bangun Pengendalian Lampu Otomatis Berbasis Arduino UNO Sebagai Alat Peraga Pembelajaran IPA Rangkaian Seri Paralel,” vol. 03, pp. 7–16, 2018.

R. Ardiansah, R. Susanto, and A. I. Pradana, “JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro) Sistem Penyiraman Otomatis Pada Tanaman dengan Monitoring Berbasis IoT (Internet of Things)”. “Universitas Sumatera Utara.”

T. Suryana, “https://iot.ciwaruga.com 1 Sistem Pendeteksi Objek untuk Keamanan Rumah dengan Menggunakan Sensor Infra Red.” [Online]. Available: http://iot.ciwaruga.com

“PROPOSAL SISTEM OTOMASI ALARM ANTI MALING MENGGUNAKAN SENSOR PIR BERBASIS ARDUINO UNO R3.”

R. Susanto, M. N. Husen, and A. Lajis, “The Product Development of Portable Laboratory Integrated with Local Wisdom (PL-ILW) by Undergraduate Student,” in Proceedings of the 2022 16th International Conference on Ubiquitous Information Management and Communication, IMCOM 2022, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., 2022. doi: 10.1109/IMCOM53663.2022.9721731.

M. T. A. Mujitomo, H. Santoso, L. Widyawati, and D. Priyanto, “Home Security Voice Notification System With Arduino Sensor, PIR based SMS Gateway,” International Journal of Engineering and Computer Science Applications (IJECSA), vol. 1, no. 1, pp. 1–8, Mar. 2022, doi: 10.30812/ijecsa.v1i1.1793.

Published

2023-07-25