Paralel Seri: Menggabungkan Tradisi Wayang dengan Era Modern

Authors

  • Jihan Amirah Munif Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ridwan Wahyu Febriyanto Univer
  • Prayoga Adhi Pamungkas Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Rudi Susanto Univer

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Budaya, Pendekatan Kualitatif, Rangkaian Seri, Paralel

Abstract

Wayang merupakan salah satu warisan budaya yang kaya dan berharga di Indonesia. Namun keberadaannya mulai memudar dikarenakan sifat terbuka masyarakat terhadap budaya luar. Melalui diorama bianglala wayang Pandhawa, para remaja mengarahkan budaya seni wayang kepada pendidikan modern dan menjadikan media pembelajaran yang interaktif  untuk memberikan peluang berharga yaitu menghidupkan kembali serta mempertahankan budaya Wayang Pandawa di era modern. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan siswa sekolah dasar sebagai partisipan dalam menguji tanggapannya terhadap pengalaman belajar dengan menggunakan Rangkaian Seri dan Paralel. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih baik tentang pengaruh penerapan Deret Paralel kepada responden siswa sekolah dasar tentang budaya wayang. Informasi ini dapat dijadikan dasar untuk mengembangkan pendekatan yang lebih efektif dalam memperkenalkan budaya wayang kepada generasi muda melalui teknologi modern Diorama Bianglala Rangkaian Seri dan Paralel.

References

MarinkaPratiwi, “Pengembangan Bianglala Edukasi Sebagai Media Pembelajaran di SD/MI”, 2019

Little Gear, “How to Make Ferri Wheel Photo Frame, 2019

Antique Pencil. (2019). How to make a cardboard Ferris Wheel powered by DC Battery.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran . Jakarta: Raja Grafindo.

Dewi Wulandari, S. D. (n.d.). Pendidikan Fisika. Pengembangan Intrumen Penilaian Autentik Berbasis Kinerja dalam Pembelajaran Fisika Model React .

Husen, N. K. (2015). Media Pembelajaran Pengenalan Keluarga Pandawa Untuk Melestarikan Kebudayaan Lokal Indonesia. Media Pembelajaran Wayang .

Muhson, A. (2013). Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia Vol VIII No.2. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi .

Riza Elok Mahmudah, Y. A. (2013). Jurnal Pendidikan Elektro Vol2 No.1 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Kompetensi Kejuruan Menggunakan Adobe Flash CS4 Untuk SMK Negeri 1 Blitar .

Nugroho. (2010). Ensiklopedia Matematika Bangun Datar. Sidoarjo: Citra Adi Bangsa.

Ardiansah, R., Susanto, R., &Pradana, A. I. (2023). SistemPenyiramanOtomatisPadaTanamandengan Monitoring Berbasis IoT (Internet of Things). JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO), 8(1), 31-38.

Susanto, R., Husen, M. N., &Lajis, A. (2022, January). The Product Development of Portable Laboratory Integrated with Local Wisdom (PL-ILW) by Undergraduate Student. In 2022 16th International Conference on Ubiquitous Information Management and Communication (IMCOM) (pp. 1-5). IEEE.

Susanto, R., Husen, M. N., Lajis, A., Lestari, W., &Hasanah, H. (2023, June). The effectiveness of making a portable laboratory integrated with local wisdom using a project-based learning approach to improve student learning outcomes. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2751, No. 1). AIP Publishing.

Doni Tri Putra Yanto. “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik”

Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi Volume 19 Number 1.2019

Nur Iswanti Hasani.“Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Jawa Mengenai Tokoh Wayang Pandawa Lima

Untuk Siswa Sekolah Dasar”. 2013

Farisa, M. Langkawi Dicky (2017). Pemanfaatan Dinamo Cas Mobil Sebagai Pembangkit Listrik.

Published

2023-07-25