Perancangan Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Suara FC-04 Berbasis Arduino Uno Bertema Gunungan Wayang

Authors

  • Umi Fidya Hamidah Univer
  • Rendhita Dennis Saputra Univer
  • Ongky Helfian Priandanu Univer
  • Ari Dwi Prasetyo Univer
  • Rudi Susanto Univer

Keywords:

suara, Arduino UNO, Lampu otomatis

Abstract

Pada abad ke 21 ini persoalan energi listrik menjadi suatu hal penting yang banyak diperbincangkan. Ketergantungan pada Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi dan batu bara yang semakin tipis membuat krisis energi listrik semakin menghantui kita. Untuk itu mulai banyak dikembangkan pembangkitan energi listrik dari sumber lain yang dapat tersedia selalu dan juga lebih ramah lingkungan. Seperti energi matahari, angin, air atau yang lainnya. Hal ini jelas sangat membantu dari segi produksi energi listrik. Sistem kendali lampu otomatis, metode penggambaran suatu sistem dalam merancang rangkaian kendali lampu otomatis, digunakan untuk meminimalisasi kesalahan dalam merancang suatu rangkaian. Sistem kendali lampu otomatis dengan proses perencanaan  rangkaian  ini digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu secara otomatis sehingga lampu menyala dan mati secara otomatis pada siang dan malam hari tergantung dari tepukan suara. Lampu otomatis yang sering dijumpai adalah lampu taman, lampu jalan dan lampu-lampu di area umum.  Kemudahan Pengoperasian: Tujuan lain dari proyek lampu otomatis adalah untuk menyederhanakan pengoperasian sistem pencahayaan. Dengan menggunakan teknologi otomatisasi, pengguna tidak perlu melakukan tindakan manual untuk mengatur lampu. Lingkungan yang Ramah dengan mengurangi pemborosan energi, proyek lampu otomatis dapat memberikan kontribusi pada pelestarian lingkungan. Tujuan ini berhubungan dengan upaya untuk mengurangi emisi karbon dan meningkatkan keberlanjutan secara keseluruhan. Hasil penelitian ini adalah alat peraga rangkaian seri dan paralel dari pengendalian lampu otomatis berbasis Arduino Uno. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nyala lampu bisa dikontrol dengan suara.

References

J. Khatib Sulaiman, S. Chairil, T. Radillah, B. Satria, and A. Mitra Gama, “Sistem Kontrol Menghidupkan Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Suara FC-04 Berbasis Arduino Uno,” Indonesian Journal of Computer Science Attribution, vol. 12, no. 1, pp. 2023–216.

A. Trisna Devi, A. Fiansyah, A. Chintya Sari, N. Risky Maulana, and A. Saifudin, “Perancangan Sistem Kontrol Optik Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3 dengan Sensor Suara,” vol. 6, no. 3, pp. 602–606, 2021, doi: 10.32493/informatika.v6i3.11948.

N. Suryadiyanto, “PEMBUATAN ALAT SAKLAR LAMPU OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO.”

R. Sandra, V. Simbar, and A. Syahrin, “PROTOTYPE SISTEM MONITORING TEMPERATUR MENGGUNAKAN ARDUINO UNO R3 DENGAN KOMUNIKASI WIRELESS,” 2016.

R. Susanto, M. N. Husen, A. Lajis, W. Lestari, and H. Hasanah, “The effectiveness of making a portable laboratory integrated with local wisdom using a project-based learning approach to improve student learning outcomes,” 2023, p. 030002. doi: 10.1063/5.0143440.

R. Susanto, M. N. Husen, and A. Lajis, “The Product Development of Portable Laboratory Integrated with Local Wisdom (PL-ILW) by Undergraduate Student,” in Proceedings of the 2022 16th International Conference on Ubiquitous Information Management and Communication, IMCOM 2022, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., 2022. doi: 10.1109/IMCOM53663.2022.9721731.

R. Ardiansah, R. Susanto, and A. I. Pradana, “JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro) Sistem Penyiraman Otomatis Pada Tanaman dengan Monitoring Berbasis IoT (Internet of Things)”.

A. Noor et al., “PERANCANGAN SISTEM KONTROL LAMPU BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO R3 DENGAN SENSOR SUARA.”

Published

2023-07-25