Implementasi Sistem Informasi Dengan Metode Servqual Untuk Survei Kepuasan Pasien Berbasis Web

Authors

  • Muhammad Reditho Alifi Univer
  • Moh Muhtarom Univer
  • Intan Oktaviani Univer
  • Intan Oktaviani Univer

Keywords:

Survei, Waterfall, PHP, MySQL, Website

Abstract

RSU PKU Muhammadiyah Sragen merupakan salah satu rumah sakit yang menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Sragen dan sekitarnya. RSU PKU Muhammadiyah Sragen telah mengadakan survei kepuasan pasien secara langsung sebelum pasien pulang, dengan mengisi survei tersebut diharapkan mampu menjadi bahan evaluasi rumah sakit. Akan tetapi jumlah pasien dalam mengisi survei masih rendah dari jumlah kunjungan pasien. Untuk meningkatkan efisiensi dan peningkakatan pelayanan, maka RSU PKU memerlukan sistem yang dapat membantu dalam melakukan survei kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk membangun sistem informasi kepuasan pasien yang mampu memudahkan pasien dalam memberikan penilaian terhadap layanan yang telah diberikan oleh rumah sakit. Dalam penelitian ini penulis memakai metode waterfall (air terjun) sebagai metode pengembangan sistem. Metode waterfall merupakan metode yang menyediakan pendekatan siklus hidup perangkat lunak berurutan atau langkah demi langkah mulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, serta dukungan. Untuk pengembangan sistem, bahasa pemrograman yang dipakai oleh penulis yaitu PHP dan MySQL sebagai database. Perolehan penelitian ini adalah sistem informasi kepuasan pasien. Sistem ini berbasis web dan terdapat fitur laporan yang dapat memudahkan mendapatkan data survey. Hasil pengujian blackbox terhadap sistem menunjukkan fugsi telah berjalan sesuai harapan dan pengujian whitebox menunjukkan website mampu diakses dengan cepat.

References

Adrianto, S., Wahyuni, S., & Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Dumai Utama Karya Kel Bukit Batrem Kec Dumai Timur, S. J. (2021). I N F O R M A T I K A. Dalam Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer (Vol. 13, Nomor 1).

Al, M., Rizki, K., & Op, A. F. (2021). RANCANG BANGUN APLIKASI E-CUTI PEGAWAI BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : PENGADILAN TATA USAHA NEGARA). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 1–13. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Aliman, W. (2021). Perancangan Perangkat Lunak untuk Menggambar Diagram Berbasis Android. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 3091. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.1404

Anggraini, Y., Pasha, D., & Setiawan, A. (2020). SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEPEDA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS : ORBIT STATION). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 1(2), 64–70. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Arianti, T., Fa’izi, A., Adam, S., Wulandari, M., & Aisyiyah Pontianak, P. ’. (2022). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN DIAGRAM UML (UNIFIED MODELLING LANGUAGE). Dalam DOI: … (Vol. 1, Nomor 1).

Br Marbun, M., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP PEMBELIAN ULANG (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 3(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (t.t.). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 3(1), 2022. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Dwiatma, G., Tri, H., Rangga, W., & Tarigan, S. (2022). PENERAPAN E-GUDANG SEBAGAI TEMPAT PENAMPUNGAN IKAN Azizi Aulia Mukmin.

Erwin, R., Rahayu, G., & Ma’rup, P. (t.t.). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Publik Terpadu Berbasis Web. http://jurnal.itg.ac.id/

Farhan, F., & Leman, D. (t.t.). Implementasi Metode Rivest Shamir Adleman (RSA) Untuk Kerahasiaan Database Perum Bulog Kanwil SUMUT. Journal of Machine Learning and Data Analytics (MALDA), 02(01), 18–27.

Gunawan, S., Kunci, K., & Layanan, K. (t.t.). MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022 Analisis Kualitas Layanan Pengguna Website E-Learning dengan Metode Servqual | 526 (Studi Kasus SPADA Dikti Program Kampus Merdeka) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PENGGUNA WEBSITE E-LEARNING DENGAN METODE SERVQUAL (STUDI KASUS SPADA DIKTI PROGRAM KAMPUS MERDEKA).

Novalia, E., & Voutama, A. (2022). Black Box Testing dengan Teknik Equivalence Partitions Pada Aplikasi Android M-Magazine Mading Sekolah. Dalam Syntax: Jurnal Informatika (Vol. 11, Nomor 11).

Noviana, R. (t.t.). PEMBUATAN APLIKASI PENJUALAN BERBASIS WEB MONJA STORE MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL. JTS, 1(2).

Nugraha, W. A. (t.t.). PENGUJIAN WHITE BOX BERBASIS PATH PADA FORM AUTENTIKASI BERBASIS MOBILE. 8(2), 2022.

Santus Panjaitan, I., Handani Widiastuti, S., Abdul Zain, dan, Studi Teknik Informatika, P., Tinggi Teknologi Bontang Jl Letjen Parman No, S. S., Bontang, K., & Timur, K. (2022). Aplikasi Human Resource Information System Payroll Berbasis Web Pada PT. BPR Paro Tua. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 5(2).

Setiawan, A., Ridho, M., Ananda, D., Alvario, R., Hidayah, T. N., & Riyanto, J. (2022). Pengujian Sistem Informasi Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web Di SMAN 1 Gunung Sindur Dengan White Box Testing. Dalam Scientia Sacra: Jurnal Sains (Vol. 2, Nomor 1). http://pijarpemikiran.com/index.php/Scientia

Sucipto, A., Nurkholis, A., Budiman, A., Pasha, D., Firmansyah, G., & Kharisma Sangha, Z. (2022). PENERAPAN SISTEM INFORMASI PROFIL BERBASIS WEB DI DESA BANDARSARI. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 3(1), 29–37. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas

Sumiati, M., Abdillah, R., & Cahyo, A. (t.t.). Pemodelan UML untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta.

Supiyandi, S., Zen, M., Rizal, C., & Eka, M. (2022). Perancangan Sistem Informasi Desa Tomuan Holbung Menggunakan Metode Waterfall. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 274. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.3986

Susila, F. C., Hukum, A. B., & Negara, A. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Dalam Online Administrative Law & Governance Journal (Vol. 2).

Wibowo, S., & Muflihah, N. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual Di Sanjaya Fitnes Jombang. Jurnal Penelitian Bidang Inovasi & Pengelolaan Industri, 1(2), 61–68. https://doi.org/10.33752/invantri.v1i2.2324

Widiyanti, W. (t.t.). Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika Evaluasi Servqual pada Petshop Indonesia menggunakan Metode IPA dan CSI. https://doi.org/10.31294/jp.v17i1

Published

2023-07-25