Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Berbasis Web

Authors

  • Intan Oktaviani Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nofi Lestari Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Triana Triana Universitas Duta Bangsa Surakarta

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan merancang dan membuat serta implementasi Sistem Informasi yang sesuai dengan sistem yang berjalan saat ini, sehingga diharapkan sistem ini dapat menunjang kinerja pelayanan pada PT. Gemopia Indonesia dalam proses perekrutan karyawan. Metode yang digunakan dalam rancang bangun sistem informasi perekrutan karyawan ini adalah metode waterfall sebagai metode pengembangan sistem. Sistem menggunakan analisis kelemahan PIECES, menggunakan metode pengujian black box dan pengguna. Proses perhitungan nilai dan perankingan calon pelamar menggunakan algoritma weighted product. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem telah berjalan sesuai dengan perancangan. Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Berbasis Web telah diterapkan di PT. Gemopia Indonesia dan dilakukan pengujian black box pada sistem tersebut dengan kesimpulan berhasil, sehingga sistem tersebut layak digunakan dengan hasil perolehan kuesioner dengan rata-rata 80%. Data Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Berbasis Web telah diuji menggunakan perhitungan manual dan hasil data yang didapat selanjutnya dibandingkan dengan sistem yang dibangun dan menghasilkan presentase kesalahan dimana hasil dari perbandingan dibawah 10%. Sistem yang dibangun ini layak untuk digunakan dan sesuai apa yang diinginkan PT. Gemopia Indonesia. Sehingga dengan kesimpulan aplikasi tersebut diterima.

References

Anisah, nurlaili, anton, ummu radiyah. (vol. 3 no. 2 september 2017). Rancangan sistem informasi e- recruitment berbasis web pada pt.geoservices. Jurnal prosisko.

Fajarwati, lia, rachmad hidayat, dan yusnia budiarti. (vol. 3, no. 4, oktober 2020). Sistem informasi rekruitment karyawan baru pada pt. Karya putra sapta manunggal bebasis web. Jurnal teknologi sistem informasi dan aplikasi.

Ma’ruf, muhammad, s. Susanti, a. Mubarok. (vol. 2 no.2, agustus 2020). Penerapan framework laravel pada aplikasi hris (human resource information system). Jurnal responsif.

Prasetyo, windi dan asri wahyuni. (vol. 9, no.1, mei 2019). Sistem informasi penerimaan karyawan baru berbasis website pada pt. Samyang tour & travel jakarta. Jurnal digit.

Rizky, ardelia astriany, irfan ramdhani. (volume 9 nomor 1, april 2019). Perancangan sistem informasi perekrutan karyawan berbasis web menggunakan php dan mysql database Server. Jurnal manajemen informatika.

Wahyuningsih, anik sri dan yudhi firmansyah. (volume 9 no 2, oktober 2021). Sistem penilaian seleksi calon karyawan baru menggunakan metode simple additive weighting (saw) di pt.tna. Jurnal informasi dan komputer.

Purnomo, d. (2017). Model prototyping pada pengembangan sistem informasi. Https://doi.org/10.37438/jimp.v2 i2.67

Ridlo, i. A. (2017). Pedoman pembuatan flowchart. Academia.edu, 27. Academia.edu/34767055/pedom an_pembuatan_flowchart.

Priyadi, kukuh (2021) sistem informasi manajemen penilaian kinerja pegawai pada pt. Ed centre artamitra. Other thesis, universitas komputer indonesia.

Ridwan, djunaidi safi, hairil k.siradjudin (volume 4 nomor 1, 2019). Perancangan aplikasi sewa lapangan berbasis web pada aziz futsal kota ternate. Indonesian journal on information system

Wulandari, emi (2020). Rancang bangun game edukasi pembelajaran anak usia dini pada ra miftahul fatah sayutan berbasis android. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Published

2023-07-25