Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Tenaga Kerja Baru Dengan Metode TOPSIS pada PT. Sari Warna Asli Garment

Authors

  • Muhammad Khoirul Anam Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nisa Shofiy Nur Rohmani Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS, Tenaga Kerja

Abstract

SPK, atau Sistem Pendukung Keputusan, merupakan suatu sistem yang menggunakan data dan metode analisis untuk memberikan rekomendasi atau mendukung pengambilan keputusan yang lebih efektif dan efisien. Dalam konteks rekrutmen pegawai baru, PT. Sari Warna Asli Garment menggunakan metode TOPSIS (Order Preference Technique by Similarity to Ideal Solution) sebagai salah satu pendekatan dalam proses seleksi. Metode TOPSIS adalah pendekatan yang populer digunakan dalam pengambilan keputusan yang kompleks. Pendekatan ini menggabungkan konsep ranking dan pemilihan alternatif berdasarkan kedekatan dengan solusi ideal serta jarak dengan solusi negatif ideal. Dengan menerapkan sistem pendukung keputusan berdasarkan metode TOPSIS, PT. Sari Warna Asli Garment dapat meningkatkan efektivitas, objektivitas, dan akurasi dalam proses rekrutmen karyawan baru. Keputusan yang diambil didasarkan pada analisis yang teliti dan kriteria yang relevan. Hal ini membantu mengurangi risiko kesalahan dalam pemilihan kandidat dan meningkatkan peluang untuk merekrut pekerja berkualitas. Dengan menganalisis informasi mengenai prospek kandidat menggunakan metode TOPSIS (Job Preference Technique by Similarity to Ideal Solution), penulis memperoleh hasil mengenai prospek terbaik yang memenuhi persyaratan dengan nilai tertinggi.

References

Afrisawati. (2018, Desember). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai di STMIK Royal Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, Vol 5, No 1, 53-60.

Pratiwi, N., & Fujiati. (2022, Agustus). Penerapan Metode AHP Dan Topsis Pada Sistem Pendukung Keputusan Dalam Seleksi Penerimaan Karyawan Baru Pada Ma’had Abu Ubaidah. InfoSys Journal, Vol. 7 No. 1, 81-91.

Riandari, F., Hasugian, P. M., & Taufik, I. (2017, Oktober). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode TOPSIS Dalam Memilih Kepala Departemen Pada Kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera II Medan. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, Volume 2 No 1, 6-13.

Siagian, Y. (2018, Juni). Seleksi Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Metode Topsis. Jurnal Mantik Penusa, Volume 2, No. 1, 65-70.

Syafrizal, M. (2010, September). Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System). JURNAL DASI, Vol. 11 No. 3, 77-90.

Published

2023-07-25