Memprediksi Kenaikan Jumlah Penumpang Kereta Api Menggunakan Metode Regresi Linier Dengan Pemrograman Python

Authors

  • Lucky Marsella Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nurmalitasari Nurmalitasari Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Python, Regresi Linier, Prediksi, Kereta Api, Badan Pusat Statistika

Abstract

Penggunaan angkutan umum sangat bermanfaat bagi pemerintah untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas yang merupakan masalah umum di Indonesia. Contoh angkutan umum yang disukai penduduk adalah kereta api. Tujuan dari penelitian ini adalah memprediksi laju pertumbuhan jumlah penumpang kereta api. Penelitian ini juga menggunakan metode regresi linier dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Data yang diambil dari website Badan Pusat Statistika (BPS) pada tahun 2022 mulai bulan Januari hingga Desember.

References

Rahayu, Y. (2014). Peramalan Jumlah Penumpang Kereta Api Menggunakan Regresi Linier dengan Metode Backward Elimination. Jurnal Gaussian, 3(4), 477-482.

Budi, A. S., & Ernawati, E. (2016). Analisis Regresi Linier pada Peramalan Penumpang KA Rangkasbitung-Tanahabang. Jurnal Matematika, 3(2), 126-134.

Sari, R. P., & Wahyuni, I. (2018). Peramalan Jumlah Penumpang Kereta Api Menggunakan Regresi Linier pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi III Palembang. Jurnal Matematika, 4(1), 59-70.

Widhiastuti, A. N., & Sukarno, S. (2019). Analisis Peramalan Jumlah Penumpang KA Sidoarjo-Jakarta dengan Metode Regresi Linier. Jurnal Matematika, 3(2), 27-36.

Yusuf, M. M., & Qadafi, M. (2020). Peramalan Penumpang Kereta Api Menggunakan Regresi Linier pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VI Yogyakarta. Jurnal Simetris, 11(2), 567-574.

Published

2023-07-25