Aplikasi PonPes Al-Halim Menggunakan Metode White Box Testing dan Black Box Testing

Authors

  • Stevania Frederica F.S Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Abdullah Sajad Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Hanifah Permatasari Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Pondok Pesantren, Black Box, White Box, Santri

Abstract

Aplikasi Pondok Pesantren (PonPes) telah menjadi solusi digital yang signifikan dalam mengelola berbagai aspek kegiatan dan administrasi di pondok pesantren. Namun, penting untuk menguji keandalan, dan kualitas dari aplikasi PonPes sebelum diimplementasikan secara luas. Dalam penelitian ini, kami melakukan evaluasi aplikasi PonPes menggunakan metode Black Box testing dan White Box testing. Metode Black Box testing digunakan untuk menguji aplikasi dari perspektif pengguna tanpa memperhatikan rincian implementasi internal. Kami melakukan pengujian fungsionalitas aplikasi PonPes dengan menjalankan serangkaian skenario pengujian yang mencakup fitur utama seperti pengelolaan data santri, administrasi, dan kegiatan pesantren. Pengujian ini bertujuan untuk memverifikasi apakah aplikasi berfungsi sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna dan menemukan celah potensial dalam fungsionalitas aplikasi. Selain itu, kami menerapkan metode White Box testing untuk memeriksa implementasi internal aplikasi PonPes, termasuk struktur kode, alur program, dan logika. Kami melakukan pengujian ini dengan melakukan inspeksi terhadap kode sumber aplikasi, melakukan analisis statis, dan menjalankan unit test untuk mengidentifikasi kelemahan dalam implementasi. Hasil pengujian Black Box testing menunjukkan bahwa aplikasi PonPes telah berhasil melewati sebagian besar skenario pengujian fungsionalitas. Namun, ditemukan 1 alur yang perlu diperbaiki yaitu saat pengguna tidak memasukkan semua form inputan maka akan muncul notifikasi Harus melengkapi semua data. Dari sisi White Box testing, kami tidak menemukan celah(bug) yang berdampak besar bagi aplikasi.

References

M. N. Susila and M. Darussalam, “Black Box Testing Aplikasi Pelayanan Permintaan dan Pengiriman Material PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk,” J. Tek. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 138–138, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jti/article/view/256

H. Bisry, I. Alfaris, C. Anam, and A. Masy’, “IMPLEMENTASI BLACK BOX TESTING PADA SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SANTRI BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL Oleh,” J. Sains dan Teknol., vol. 6, no. 1, 2013.

A. Yani, D. Setiawan, N. E. Sofian, R. Subagja, and T. Desyani, “Pengujian Aplikasi Reservasi Hotel di LeGreen Hotel & Suite dengan Metode Black Box Testing Boundary Value Analysis,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 3, no. 2, p. 114, 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i2.4686.

V. Febrian, M. R. Ramadhan, M. Faisal, and A. Saifudin, “Pengujian pada Aplikasi Penggajian Pegawai dengan menggunakan Metode Blackbox,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 1, p. 61, 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i1.4340.

A. Aulia, Nur Rizky; Indrayanti, “Pengujian Aplikasi Mahasiswa Stmik Jakarta Sti & K,” vol. 5, 2021.

Published

2023-07-25