Pengujian Aplikasi Pengelolaan Laundry Menggunakan Metode Blackbox Testing dan Whitebox Testing

Authors

  • Ma'ruf Nur Muhammad Univer
  • Muhammad Alwan Nurdin Univer
  • Hanifah Permatasari Univer

Keywords:

Whitebox, Blackbox, Laundry

Abstract

Pengujian sistem adalah proses penting dalam pengembangan perangkat lunak yang bertujuan untuk memastikan bahwa sistem yang dibangun berjalan sesuai dengan harapan dan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Dalam jurnal ini, kami menyajikan tinjauan tentang pengujian sistem, termasuk metode yang biasa digunakan, masalah yang dihadapi, dan keuntungan yang dapat diperoleh dari pengujian sistem yang berhasil.Aplikasi yang tidak layak dan tidak berkualitas dapat mempersingkat waktu pengembangan perangkat lunak serta mengganggu penggunanya. Proses pengujian bertujuan untuk menemukan kesalahan perangkat lunak, dan setiap aplikasi tidak akan lepas darinya.Blackbox testing fokus utamanya adalah input dan output sistem. Metode ini melihat sistem sebagai "kotak hitam", di mana hanya hasil yang dilihat tanpa memperhatikan detail implementasi. Kami memberikan penjelasan tentang pengujian blackbox yang termasuk pengujian fungsional, kesalahan, keamanan, dan stres. Kelebihan pengujian blackbox termasuk kemampuan untuk menemukan kesalahan fungsional, menguji dari sudut pandang pengguna, dan membedakan pengujian antara pengembang dan penguji. Sedangkan whitebox testing merupakan dimana desain dan pelaksanaan pengujian didasarkan pada pemahaman tentang struktur internal sistem. Metode ini membutuhkan pemahaman tentang aliran program, kode sumber, dan rute yang dapat digunakan saat eksekusi. Kami membahas berbagai metode pengujian whitebox, seperti unit, integrasi, dan jalur.

References

Pratama, B. P., Ristianto, I. B., Prayogo, I. A., Nasrullah, & Saifudin, A. (2020). Pengujian Perangkat Lunak Sistem Informasi Penilaian Mahasiswa dengan Teknik Boundary Value Analysis Menggunakan Metode Black Box

Y. Irawan, “Pengujian Sistem Informasi Pengelolaan Pelatihan Kerja UPT BLK Kabupaten Kudus dengan Metode Whitebox Testing,” Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 9, no. 3, pp. 59–63, 2017.

C. T. Pratala, E. M. Asyer, I. Prayudi, and A. Saifudin, “Pengujian White Box pada Aplikasi Cash Flow Berbasis Android Menggunakan Teknik Basis Path,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 2, p. 111, 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i2.4713.

S. Nidhra, "Black Box and White Box Testing Techniques - A literature Review," Int. J. Embed. Syst. Appl., vol. 2, no. 2, pp. 29-50, 2012

R. Tamara Aldisa, “Aplikasi Pengolahan Data Penjualan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Menggunakan Model View Controler Berbasis Framework Codelgniter Dan White Box Testing,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 2, pp. 677–686, 2021.

J. Publikasi and T. Informatika, “PERANCANGAN APLIKASI PERSEDIAAN BAHAN KUE BERBASIS WEBSITE,” vol. 2, no. 2, 2023.

V. P. Katiyar and S. Patel, “White-Box Testing Technique for Finding Defects,” Glob. J. Res. Anal., vol. 8, no. 7, pp. 83–85, 2019, [Online]. Available: http://worldwidejournals.co.in/index.php/gjra/article/view/4883.

K. Mohd. Ehmer and K. Farmeena, “A Comparative Study of White Box , Black Box and Grey Box Testing Techniques,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 3, no. 6, pp. 12–15, 2012.

Handy and J. Susilo, “Aplikasi Pengujian White-Box Ibii Online Judge,” J. Inform. dan Bisnis, vol. 3, pp. 56–68, 2014.

E. sita Eriana, “Pengujian Sistem Informasi Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan White Box Testing,” J. Teknol. Inf. ESIT, vol. XV, no. 10, pp. 28–33, 2020.

Published

2023-07-25