Pengujian White Box Sistem Informasi Kasir Toko A Berbasis Web

Authors

  • Kukuh Supriyanto Univer
  • Dear Whizkid Aziiz Univer
  • Hanifah Permatasari Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

WhiteBox, Kasir, Sistem Informasi

Abstract

Toko A merupakan salah toko yang berdiri di kota ABC. Selama ini, sistem penjualan yang diterapkan di Toko A masih belum tertata rapi dan belum terkontrol dengan baik. Di samping itu, masih belum ada data terkontrol terhadap kategori barang ada di Toko A yang bisa dijadikan bahan evaluasi dalam pengelolaan laporan penjualan. Pegawai yang bekerja masih kesulitan di saat memasukkan beberapa kategori barang yang ada di Toko A .Oleh karena itu, dilakukan perancangan dan pembuatan sistem parkir berbasis web. Namun perlu dilakukan pengujian terlebih dahulu terhadap sistem tersebut sebelum diimplementasikan atau diterapkan di Toko A.Pengujian sistem yang dilakukan menggunakan whitebox testing.Hasil dari penelitian pengujian white box testing pada sistem informasi kasir berbasis website pada Toko A tidak ditemukan permasalahan dari sistem yang dibangun. Dengan kata lain sistem yang dibuat berhasil dan valid sesuai dengan kebutuhan dan fungsi. Setiap user yang memiliki akses telah memiliki hak akses berdasarkan percancangan sistem

References

Praniffa, A. C., Syahri, A., Sandes, F., Fariha, U., Giansyah, Q. A., & Hamzah, M. (2023). Pengujian Sistem Informasi Parkir Berbasis Web Pada UIN SUSKA RIAU Menggunakan White Box dan Black Box Testing. Jurnal Testing dan Implementasi Sistem Informasi, 1(1), 1-6.) [2] Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapti, D., Kamisutara, M., & Artaya, P. (2017, August). Analisa Pengujian Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Metode White Box. In Seminar Nasional Ilmu Terapan (Vol. 1, No. 1, pp. B05-1).

Sie, J. B. L., Musdar, I. A., & Bahri, S. (2022). Pengujian White Box Testing Terhadap Website Room Menggunakan Teknik Basis Path. KHARISMA Tech, 17(2), 45-57.

Rosyada, A. F., Sukirman, I. S. I., Nur, M. A., Kristiawan, K., & Saifudin, A. (2022). Pengujian Sistem Informasi Aplikasi Perpustakaan basis Website Menggunakan White Box Testing. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(6), 1034- 1039.

Nugraha, W. A. (2022). PENGUJIAN WHITE BOX BERBASIS PATH PADA FORM AUTENTIKASI BERBASIS MOBILE. Jurnal Siliwangi Seri Sains dan Teknologi, 8(2).

Shiddiq, M. I. (2022). PENGUJIAN WHITE BOX PADA FORM LOGIN APLIKASI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN JAVASCRIPT DENGAN TEKNIK PATH TESTING. Jurnal Siliwangi Seri Sains dan Teknologi, 8(1).

Nurdin, A., Fauziah, F., & Sari, R. T. K. (2021). White Box Testing Pada Sistem Manajemen Pengelolaan Surat di Sekretariat Rektorat Berbasis Web. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 6(1), 65-74.

Triyanto, T., Priyatna, B., & Aripiyanto, S. A. (2020). Sistem Informasi Monitoring Kualitas Alat Ukur Berbasis Web Menggunakan Pengujian White Box Testing. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (Vol. 3, No. 1, pp. 419-428).

Kusuma, A. P., & Setiawan, B. (2018). White Box Testing Pada Sistem Pemesanan Desain Sablon Berbasis Web. Jurnal Teknika, 10(2), 1040-1044.

Published

2023-07-25