Pengujian Aplikasi Penjualan Barang Codekop Menggunakan Metode Black Box Testing

Authors

  • Joel Adikurnia Purnama Univer
  • Muhammad Exsa Nugroho Univer
  • Hanifah Permatasari Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Blackbox, Usecase, Penjualan

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang pesat seperti saat ini, aplikasi penjualan barang telah menjadi komponen penting dalam berbagai jenis bisnis. Aplikasi penjualan barang memungkinkan perusahaan untuk mengelola inventaris, memproses pesanan, dan melacak penjualan dengan lebih efisien. Pengujian menggunakan metode black box testing menjadi penting karena mampu mengidentifikasi kesalahan dan cacat pada aplikasi penjualan barang tanpa memperhatikan struktur atau logika internal aplikasi. Artikel jurnal ini bertujuan untuk mendokumentasikan hasil pengujian aplikasi penjualan barang Codekop menggunakan metode black box testing. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Blackbox Testing. Metode Blackbox Testing merupakan salah satu metode yang mudah digunakan karena hanya memerlukan batas bawah dan batas atas dari data yang di harapkan. Selanjutnya dalam pengujian blackbox testing penulis tidak menemukan adanya eror atau ketidaksesuaian fungsi pada aplikasi tersebut. Hasil pengujian blackbox testing menunjukan bahwa semua fungsi sistem aplikasi penjulan barang codekop sudah sesuai dengan hasil yang diharapkan.

References

Wijaya, Y. D., dan Astuti, M. W. “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan PT Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions.“ Jurnal Digital Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, 2021.

Aziz, I. A., Setiawan, B., Khank, R., Nurdiyansyah, G., dan Yulianti, Y. “Pengujian Blackbox pada Aplikasi Sistem Kasir Berbasis Website Menggunakan teknik equivalence Partitions.” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 3, no. 2, 2020.

Febriyanti, N. M. D., Sudana, A. A. K. O., Piarsa I. N. “Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen.” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, vol. 2, no. 3, 2021.

Ahrizal, D., Miftah, M. K., Kurniawan, R., Zaelani, T., dan Yulianti. “Pengujian Perangkat Lunak Sistem Informasi Peminjaman PlayStation dengan Teknik Boundary Value Analysis Menggunakan Metode Black Box Testing.” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 5, no. 1, 2020.

Ningrum, F. C., Suherman, D., Aryanti, S., Prasetya, H. A., dan Saifudin, A. “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions.” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 4, no. 4, 2019.

Cholifah, W. N., Yulianingsih., dan Sagita, S. M. “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap.” Jurnal String, vol. 3, no 2, 2018.

Pasaribu, J. K., Hilabi, S. S., dan Nurapriani, F. “Implementasii Sistem rekrutmen Karyawan PT. Buana Sejahtera Sentosa Menggunakan Metode Pengujian Black Box.” Jurnal of Information Technology and Computer Science, vol. 5, no. 2, 2022.

Supriyanto., Fitri, I., dan Nurhayati. “Aplikasi Inventory Peralatan Mekanik Unit BRT UNAS Bebasis Web Menggunakan Metode Black-Box dan White-Box Testing.” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 6, no. 2, 2022.

Mukrodin., dan Sugiamto. “Implementasi Metode Waterfall Dalam Membangun Tracer Study dan Penerimaan Peserta Didik Baru Dengan Pengujian Black Box Testing.” Jurnal DINAMIK, vol. 25, no. 1, 2020

Syarif, M., dan Pratama, E. B. “Analisis Metode Pengujian perangkat Lunak Blacbox Testing dan Pemodelan Diagram UML pada Aplikasi Veterinary Services yang Dikembangkan Dengan Model Waterfall.” Jurnal Teknik Informatika Kaputama, vol. 5, no. 2, 2021

Published

2023-07-25