Pengujian Sistem Informasi Desa Wonokeling Menggunakan Metode Whitebox Testing

Authors

  • Hanif Sangga Paramanandi Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ricky Eko Novianto Univer
  • Hanifah Permatasari Univer

Keywords:

WhiteBox, Desa, Sistem Informasi

Abstract

Pada era digital yang terus berkembang, penerapan teknologi informasi menjadi suatu kebutuhan yang mendesak, termasuk di dalamnya adalah Sistem Informasi Desa. Sistem Informasi Desa adalah sebuah platform yang dirancang untuk membantu dalam pengelolaan dan pelayanan di tingkat desa. Penelitian ini berfokus pada Form Tambah Artikel yang ada dalam Sistem Desa Wonokeling, Karanganyar. Form Tambah Artikel digunakan untuk menambahkan Artikel/Berita mengenai Informasi-informasi yang sudah ada dan baru ada di Desa Wonokeling. Dilakukan uji coba dengan teknik basis path yang dimulai dari membuat Flow Chart, Flow Graph, Cyclomatic Complexity (CC), Matrix Graphic dan Matrix Koneksi. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan untuk melihat apakah Sistem Desa Wonokeling pada Form Artikel masih terjadi error atau bug saat menginput data, menyimpan data, dan menampilkan data atau sudah berfungsi sesuai yang diharapkan.

References

Praniffa, A. C., Syahri, A., Sandes, F., Fariha, U., Giansyah, Q. A., & Hamzah, M. (2023). Pengujian Sistem Informasi Parkir Berbasis Web Pada UIN SUSKA RIAU Menggunakan White Box dan Black Box Testing. Jurnal Testing dan Implementasi Sistem Informasi, 1(1), 1-6.

Setiawan, A., Ananda, M. R. D., Alvario, R., Hidayah, T. N., & Riyanto, J. (2022). Pengujian Sistem Informasi Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web Di SMAN 1 Gunung Sindur Dengan White Box Testing. Scientia Sacra: Jurnal Sains, Teknologi dan Masyarakat, 2(1), 180-188.

Supriyanto, S., Fitri, I., & Nurhayati, N. (2022). Aplikasi Inventory Peralatan Mekanik Unit BRT UNAS Berbasis Web Menggunakan Metode Black-Box dan White-Box Testing. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 6(2), 224-233.

Shiddiq, M. I. (2022). IMPLEMENTASI WHITE BOX TESTING BERBASIS PATH PADA FORM LOGIN APLIKASI BERBASIS WEB. Jurnal Siliwangi Seri Sains dan Teknologi, 8(1).

Irawan, Y. (2017). Pengujian Sistem Informasi Pengelolaan Pelatihan Kerja UPT BLK Kabupaten Kudus dengan Metode Whitebox Testing. Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, 9(3), 59-63.

Pratala, C. T., Asyer, E. M., Prayudi, I., & Saifudin, A. (2020). Pengujian White Box pada Aplikasi Cash Flow Berbasis Android Menggunakan Teknik Basis Path. J. Inform. Univ. Pamulang, 5(2), 111.

Londjo, M. F. (2021). Implementasi White Box Testing Dengan Teknik Basis Path Pada Pengujian Form Login. Jurnal Siliwangi Seri Sains dan Teknologi, 7(2).

Subagia, R., Alit, R., & Akbar, F. A. (2020). Pengujian white box pada sistem informasi monitoring skripsi program studi informatika. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 1(2), 539-547.

K. Mohd. Ehmer and K. Farmeena, “A Comparative Study of White Box , Black Box and Grey Box Testing Techniques,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 3, no. 6, pp. 12– 15, 2012.

Handy and J. Susilo, “Aplikasi Pengujian White-Box Ibii Online Judge,” J. Inform. dan Bisnis, vol. 3, pp. 56–68, 2014.

Published

2023-07-25