Pengujian Perangkat Lunak Aplikasi Jasa Online Menggunakan Pengujian Black Box Testing

Authors

  • Arlen Dean Khalis Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Frans Adi Saputra Univer

Keywords:

Blackbox, Usecase, covid-19

Abstract

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang signifikan pada banyak aspek kehidupan, termasuk dunia kerja. Salah satu perubahan utama yang terjadi adalah pergeseran yang cepat menuju pekerjaan online. Ketika pandemi melanda, banyak perusahaan dan individu di seluruh dunia terpaksa beralih ke model pekerjaan jarak jauh untuk menjaga kesehatan dan keselamatan,Jasa Pekerjaan online merujuk pada situasi di mana pekerja dapat melakukan tugas-tugasnya dari lokasi yang berbeda melalui penggunaan teknologi digital dan konektivitas internet.Salah satu manfaat utama pekerjaan online selama pandemi adalah memungkinkan kelangsungan bisnis. Meskipun banyak bisnis fisik terpaksa tutup atau menghadapi pembatasan operasional, pekerjaan online memungkinkan perusahaan untuk tetap beroperasi dan menjalankan kegiatan bisnis.Oleh karena itu pada pengujian ini kami akan mneguji sebuah aplikasi berbasis web untuk mempermudah masyarakat dalam mencari jasa atau memanfaatkan pekerjaan di area perkampungan dan menyediakan tempat  bagi masyarakat yang ingin menawarkan jasa atau pekerjaan di area perkampungan  secara online.. Teknik  pengujian Blackbox  Testing yang banyak digunakan para penguji untuk memeriksa program telah sesuai atau tidak.

References

Akiladevi, R., Vidhupriya, P., & Sudha, V. (2018). Software Testing Tools. International Journal of Pure and Applied Mathematics, 118(18), 1783-1800.

Ardana, I. S. (2019). Pengujian Software Menggunakan Metode Boundary Value Analysis dan Decision Table Testing. Jurnal Teknologi Informasi, XIV(03), 40-47.

Hidayat, T., & Muttaqin, M. (2018). Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. Jurnal Teknik Informatika UNIS, 6(1), 25-29.

MZ, M. K. (2016). Pengujian Perangkat Lunak Metode Black Box Berbasis Equivalence Partitions Pada Aplikasi Sistem Informasi Sekolah. Jurnal Mikrotik, 6(3), 30-48.

H.Hendri,J.W.HasiholanManurung,R.A.Ferian, W.F.Hanaatmoko,andY.Yulianti,“PengujianBlack BoxpadaAplikasiSistemInformasiPengelolaan MasjidMenggunakanTeknikEquivalence Partitions,”J.Teknol.Sist.Inf.danApl.,vol.3,no.2, p.107,2020,doi:10.32493/jtsi.v3i2.4694.

J.Susanto,M.M.Junaidi,Y.Sudrajat,andT.Desyani,“Pengujian BlackBoxpadaAplikasiDesktopPenjualanElektronik MenggunakanMetodeEquivalencePartitioning,”vol.4,no.1,pp. 52–57,2021,doi:10.32493/jtsi.v4i1.8519.

M.S.Mustaqbal,R.F.Firdaus,andH.Rahmadi,“PENGUJIAN APLIKASIMENGGUNAKANBLACKBOXTESTINGBOUNDARY VALUEANALYSIS(StudiKasus:AplikasiPrediksiKelulusan SNMPTN),”vol.I,no.3,pp.31–36,2015.

T.HidayatandH.D.Putri,“Testing Student Portalon Academic Information Systems (SINA) using BlackBox Testing with Equivalence Partitioning Methods and Boundary Value Analysis (inBahasa: Pengujian Portal Mahasiswa pada Sistem Informasi Akademik (SINA) menggunakan BlackBoxT,”J.Inform. Pengemb.IT,vol.7,no.1,pp.83–92,2019.

Published

2023-07-25