Pengujian Sistem Informasi Inventaris Barang Berbasis Website Menggunakan Metode Whitebox Testing

Authors

  • Fitriana Sekar Kinasih Univer
  • Habib Nur Gian Univer
  • Hanifah Permatasari Univer

Keywords:

Sistem Informasi, WhiteBox, Cyclomatic Complexity

Abstract

Sistem informasi inventaris barang merupakan aspek yang penting dalam pengelolaan inventarisasi di perusahaan xyz. Dalam pegujian sistem informasi ini, yang diuji adalah halaman distributor dengan hak akses admin. Halaman distributor digunakan untuk input distributor baru dan melihat data distributor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji sistem dengan menggunakan metode tes WhiteBox. Metode ini menguji sistem informasi dengan mencari jalur independen, membuat flowchart dan menghitung kompleksitas siklomatik untuk menentukan jumlah jalur independen dalam aliran sistem. Semakin rendah tingkat CC nya, maka semakin rendah pula terjadinya eror. Hasil penelitian pengujian WhiteBox Testing pada sistem informasi inventaris barang berbasis website di perusahaan xyz berjalan lancar. Dengan kata lain sistem yang dibuat berhasil dan berfungsi sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Hasil pengujian ini dapat digunakan untuk mengembangkan atau memperbaiki sistem tersebut.

References

Azahra, A., Raflesia, S. P., & Lestarini, D. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Aset Pada PT. X. Generic, 12(2), 38-45.

Hafizh, W. M. (2019). Pembangunan Sistem Informasi Dengan Pendekatan Supply Chain Management Di Pt. Mitra Ekasari Jaya (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Waliyansyah, R. R., Hermawan, G., & Herlambang, B. A. (2022). Sistem Informasi Pengelolaan Zakat Fitrah dan Donasi pada Masjid Jami’Al Jannah Menggunakan Metode Rule Based Berbasis Android. Walisongo Journal of Information Technology, 4(1), 33-42.

Nuris, M. (2015). White box testing pada sistem penilaian pembelajaran (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Wabula, D. F., Wabula, D. F., & Mustaqim, M. I. (2022, February). Perancangan Pelayanan Surat Berbasis Android. In STAINS (SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI & SAINS) (Vol. 1, No. 1, pp. 206-212).

Nita, S., & Lukas, F. M. (2022, February). Implementasi E-Learning Berbasis Multiplatform Pada Dunia Pendidikan Sebagai Solusi Dari Program MBKM. In STAINS (Seminar Nasional Teknologi & Sains) (Vol. 1, No. 1, pp. 89-95).

Samudra, A. P. D. (2020). Algoritma particle swarm optimization untuk pembangkitan data test secara otomatis pada pengujian perangkat lunak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Maryanti, B., Sonief, A. A. A., & Wahyudi, S. (2011). Pengaruh alkalisasi komposit serat kelapa-poliester terhadap kekuatan tarik. Jurnal Rekayasa Mesin, 2(2), 123-129.

Al Amin, I. H., Lusiana, V., & Hartono, B. (2017). Visualisasi Pencarian Lintasan Terpendek Algoritma Floydwarshall Dan Dijkstra Menggunakan Tex.

Handy and J. Susilo, “Aplikasi Pengujian White-Box Ibii Online Judge,” J. Inform. dan Bisnis, vol. 3, pp. 56–68, 2014.

Published

2023-07-25