Analisis Sistem Rental Alat Mendaki Dengan Metode Black Box Testing

Authors

  • Dwi Prasetiyo Univer
  • Mochamad Saefudin Univer
  • Hanifah Permatasari Univer

Keywords:

Black box, rental, pendaki, gunung

Abstract

Sistem rental alat mendaki merupakan suatu platform yang menyediakan layanan penyewaan peralatan dan perlengkapan untuk kegiatan mendaki gunung. Tujuan dari sistem ini adalah untuk memfasilitasi para pendaki gunung dalam memperoleh alat dan perlengkapan yang diperlukan secara praktis dan efisien. Sistem rental alat mendaki ini telah menjadi penting karena meningkatnya minat masyarakat terhadap kegiatan pendakian gunung. Platform yang menghubungkan penyedia rental dan pelanggan memainkan peran penting dalam sistem ini. Platform ini biasanya berbasis online dan menyediakan informasi tentang jenis alat yang tersedia, tarif sewa, jangka waktu penyewaan, serta prosedur pemesanan dan pembayaran. Dengan adanya platform ini, pelanggan dapat dengan mudah memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan mereka, melihat ketersediaan, dan melakukan pemesanan secara praktis. Sistem rental alat mendaki memiliki manfaat yang signifikan. Pertama, sistem ini memungkinkan pendaki gunung untuk menyewa alat dan perlengkapan dengan mudah, terutama bagi mereka yang tidak memiliki alat sendiri atau hanya melakukan pendakian sesekali. Dengan menyewa alat, mereka dapat menghemat biaya investasi awal dalam pembelian alat sendiri. Selain itu, sistem ini juga memberikan fleksibilitas dalam memilih alat yang sesuai dengan jenis dan tingkat kesulitan pendakian yang diinginkan.

References

Maimunah, M., Hariyansyah, H., & Jihadi, G. (2017). Rancang bangun Sistem Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), 4–7.

Ratnasari, D., Hadi, H. F., & Budiarto, J. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Android. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 16(2), 144–157.

Hendri, H., Hasiholan Manurung, J. W., Ferian, R. A., Hanaatmoko, W. F., & Yulianti, Y. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Masjid Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 3(2), 107. https://doi.org/10.32493/jtsi.v3i2.4694

Hendri, H., Manurung, J. W. H., Ferian, R. A., Hanaatmoko, W. F., & Yulianti, Y. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Masjid Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 3(2), 107–113.

Tujni, B., & Syakti, F. (2019). Implementasi Sistem Usability Scale Dalam Evaluasi Perspektif Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile. Ilkom Jurnal Ilmiah, 11(3), 241– 251. https://doi.org/10.33096/ilkom.v11i3.479.241- 251

Peter Anton Paulus. (2006). Perancangan Sistem Informasi Inventori BerbasisWeb Menggunakan Php Pada Azyan Photo Batam. Nucleic Acids Research, 34(11), e77–e77.

Leng, X., Zhou, B., Deng, X., Davis, L., Sutton, M. A., Shazly, T., & Lessner, S. M. (2018). Determination of Viscoelastic Properties of human Carotid Atherosclerotic Plaque by Inverse Boundary Value Analysis. IOP Conference Series. Materials Science and Engineering, 381-389. NIH Public Access.

Published

2023-07-25