Pengujian Interface Tambah Barang Pada Aplikasi Point Of Sales Berbasis Web Menggunakan Metode White Box Testing dan Black Box Testing

Authors

  • Dinda Rizky Asmara Univer
  • Siti Munawaroh Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Hanifah Permatasari Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

White Box, Black Box, POS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pada interface tambah barang pada aplikasi point of sales memiliki kesalahan pada fungsinya.Aplikasi point of sales digunakan untuk memudahkan para pebisnis dalam melakukan transaksi adanya aplikasi point of sales tidak hanya memudahkan para pebinis saja tetapi memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi.Oleh karena itu pengujian ini menggunakan metode white box testing dan black box testing dalam pengujiannya.Dalam pengujian menggunakan black box testing dihasilkan bahwa pada interface tambah di aplikasi point of sales memiliki 3 cyclomatic complexity, 2 jalur indepennden dan 1 bukan jalur independen, dan pada pengujian matriks koneksi memiliki nilai yang sama dengan cyclomatic complexity.Sedangkan pada pengujian black box testing dihasilkan bahwa hasil yang diharapkan sesuai dengan hasil yang diuji.

References

Hermiati, R., Asnawati, A., & Kanedi, I. (2021). Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql. Jurnal Media Infotama, 17(1).

Ichsanudin, M. N., Yusuf, M., & Suraya, S. (2022). PENGUJIAN FUNGSIONAL PERANGKAT LUNAK SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DENGAN METODE BLACK BOX TESTING BAGI PEMULA. STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer, 1(2), 1-8.

Londjo, M. F. (2021). Implementasi White Box Testing Dengan Teknik Basis Path Pada Pengujian Form Login. Jurnal Siliwangi Seri Sains dan Teknologi, 7(2).

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian aplikasi menggunakan black box testing boundary value analysis (studi kasus: Aplikasi prediksi kelulusan smnptn). Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 1(3).

Nuris, M. (2015). White box testing pada sistem penilaian pembelajaran (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Nurudin, M., Jayanti, W., Saputro, R. D., Saputra, M. P., & Yulianti, Y. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis. J. Inform. Univ. Pamulang, 4(4), 143.

Praniffa, A. C., Syahri, A., Sandes, F., Fariha, U., Giansyah, Q. A., & Hamzah, M. (2023). Pengujian Sistem Informasi Parkir Berbasis Web Pada UIN SUSKA RIAU Menggunakan White Box dan Black Box Testing. Jurnal Testing dan Implementasi Sistem Informasi, 1(1), 1-6.

Pratala, C. T., Asyer, E. M., Prayudi, I., & Saifudin, A. (2020). Pengujian White Box pada Aplikasi Cash Flow Berbasis Android Menggunakan Teknik Basis Path. J. Inform. Univ. Pamulang, 5(2), 111.

Winanjar, J., & Susanti, D. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi desa Berbasis Web Menggunakan PHP Dan MySQL. PROSIDING SNAST, 97-105.

Published

2023-07-25