Pengujian Aplikasi Absensi dan Kegiatan Magang Mahasiswa Menggunakan Metode BlackBox Testing

Authors

  • Brian Bagus Apriansah Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Eka Arya Saputra Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Hanifah Permatasari Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

BlackBox, Use Case, Absensi, Magang

Abstract

Sistem Informasi yang dibuat sebelum di gunakan secara formal harus melewati pengujian terhadap perangkat lunaknya terlebih dahulu. Banyak metode pengujian yaitu white Box Testing dan Black Box Testing. Disini di pilih Black Box Testing karena untuk pemula yaitu yang tidak mengharuskan menguasai Bahasa pemrograman tertentu.Teknik pengujian pada Black Box Testing ada beberapa cara antara lain Equivalen Partitions Testing, Boundary Value Analysis Testing, Comparation Testing, Sample Testing, Robustness Testing dan lainnya. Disini dipilih menggunakan Teknik Equivalence Partitions yang hanya untuk menguji apakah ada kesalahan pada: fungsi sistem, Interface, struktur data atau akses data. Obyek yang dilakukan pengujian Aplikasi Absensi dan Kegiatan Magang. Jumlah form yang diuji sebanyak 6 buah yaitu Form Login , Form Dashboard dan Form Data Mahasiswa , Form Kelola Data Mahasiswa, Form Absesni Mahasiswa, Form Kegiatan Mahasiswa yang mana masing-masing form diuji dengan memasukkan beberapa data input yang sering terjadi(ditemukan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian perangkat lunak menggunakan metode Black Box Testing dengan Teknik Equivalence Partitions pada system informasi perpustakaan masih ada form yang  hasil outputnya belum sesuai dengan yang diharapkan dalam perancangan karena terjadi error.

References

D. Budiningsih, “PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN DATA ABSENSI SISWA,” Seminar Nasional Riset dan Teknologi, Vol. %1 dari %2349-354, 2020.

U. M. N. Ichsanudin, M. Yusuf dan S. , “PENGUJIAN FUNGSIONAL PERANGKAT LUNAK SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DENGAN METODE BLACK BOX TESTING BAGI PEMULA,” Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer, pp. 1-8, 2022.

A. Saifudin, A. Muhammad, A. Fakhrizal, E. R. Mauludin, N. dan S. Mulyati, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Absensi Karyawan Berbasis Website Menggunakan Metode Equivalent Partitions,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 07, 2022.

A. B. Hikmah, Y. S. Mulyani, T. Alawiyah, W. Wiguna dan R. R. A. Ridwan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Absensi Siswa,” (Indonesian Journal on Computer and Information Technology, vol. 6, 2021.

M. S. A. K. Jaya, P. Gumilang, T. Y. P. Andersen dan T. Desyani, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Seleksi,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 04, 2019.

Yulianti, T. Desyani, R. R. Chaniago, H. Iswanto, E. Suroso dan T.

S. Hermanto, “Pengujian Aplikasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Website,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 07, pp. 145-150, 2022.

S. Mulyati, I. Kusyadi, M. I. Ashara, P. A. Widodo dan Wahyudin, “Pengujian Black Box ada Aplikasi Hitung Nilai Mahasiswa Menggunakan Metode,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 7, pp. 83-88, 2022.

D. Ahrizal, M. K. Miftah, R. Kurniawan, T. Zaelani dan Yulianti, “Pengujian Perangkat Lunak Sistem Informasi Peminjaman PlayStation,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 5, 2020.

A. Agustian, I. Andriayani, S. Khoerunisa, A. Pangestu dan A. Saifudin, “Implementasi Teknik Equivalence Partitioning pada Pengujian Aplikasi,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 3, 2020.

W. N. Cholifah, Yulianingsih dan S. M. Sagita, “PENGUJIAN BLACK BOX TESTINGPADA APLIKASI ACTION & STRATEGYBERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI PHONEGAP,” Informatika, Universitas Indraprasta PGRI, vol. 3,

Published

2023-07-25