Pengujian Aplikasi Rental Mobil Eria Menggunakan Black Box Testing dan White Box Testing

Authors

  • Aldova Herbryan Putra Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Wahyu Cahya Adi Putra Univer
  • Hanifah Permatasari Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Rental, mobil, Blackbox, Whitebox

Abstract

Rental mobil merupakan penyedia layanan jasa transportasi kepada masyarakat. Dengan seiring berkembangnya teknologi di era globalisasi ini, teknologi komputer dan layanan internet sangat berperan penting dalam kehidupan sehari–hari, dan dengan media tersebut dapat memperoleh infomasi dengan cepat, maka banyak perusahaan atau badan usaha mempromosikan produk tersebut melalui website dan berbagai media social. Pengujian software sangat penting dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesalahan yang ada saat dilakukannya pembuatan software. Kesalahan dari setap bagian dari software akan berbeda – beda pada segala software. Pada pengujian kali ini kami akan menjabarkan proses yang akan digunakan untuk melakukan pengujian sistem rental mobil berbasis web menggunakan metodologi Black box Testing dan White box Testing, seperti: Menganalisa use case dan hak akses sistem rental mobil berbasis web, Melakukan analisa pengujian black box pada interface, Melakukan pengujian white box testing pada halaman merek mobil. Kesimpulan dari pengujian aplikasi Rental Mobil eria ini berjalan dengan semestinya mulai dari pengujian Blackbox yang di uji sudah sesuai dengan hasil yang di harapkan dan untuk pengujian whitebox pada halaman pengolahan halaman merek mobil juga sudah berjalan dengan baik. Jadi untuk aplikasi Rental Mobil Eria ini sudah bias di jalankan.

References

Hasan Noor. 2019,Aplikasi Penyewaan Mobil Berbasis Website (Studi Kasus pada Rental Mobil Lotus Purworejo), Bianglala Informatika vol 7 No.2.

Fitrisia, Y. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Rental Mobil Bebasis Web (Studi Kasus: Zelta Rent Car). Jurnal Komputer Terapan, 22-23

Sethi, A. (2014). Available Online at www.ijarcs.info International Journal of Advanced Research in Computer Science A Summarization on Preserving Privacy Techniques in Data Mining. 5(8), 33–38.

Jampani, R., Talasu, N., & Manjula, R. (2016). 4 IV April 2016. April

Akiladevi, R., Vidhupriya, P., & Sudha, V. (2018). A Study and Analysis on Software Testing Tools. 118(18), 1783–1799

Norma Yunita, Rosmawati. 2021,Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web PT Karya Mobil, Jurnal Sistem Informasi dan Informatika vol 1.

Hasan Noor. 2019,Aplikasi Penyewaan Mobil Berbasis Website (Studi Kasus pada Rental Mobil Lotus Purworejo), Bianglala Informatika vol 7 No.2.

Saputro, F. B., Chaidir, I., & Sumarna. 2020. Sistem Informasi Penyewaan Mobil Pada CV. Yellow Rentcar Jakarta Berbasis Website. 5(1)

Rade Oktari, S.,Yuli Fitrisia. 2022. Rancang Bangun Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web (Studi Kasus : Zelta Rent Car), Jurnal Politeknik Caltex Riau vol 8, No.1.

Romadhon, M. H., Yudhistira, Y., Mukrodin, Sistem Informasi Berbasis Android dan Website Menggunakan Framework Codeigniter 3 Studi Kasus : CV Kopja Mandiri. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Peradaban vol 2 No.1.

Published

2023-07-25