Pemodelan Metode Fuzzy Tsukamoto Pada Sistem Pendukung Keputusan Prediksi Biaya Sewa Kost

Authors

  • Aldiva Restu Krista Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Wanda Fadillah Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ryan Arya Pramudya Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Fuzzy Tsukamoto, Kost, Prediksi, sistem pendukung keputusan

Abstract

Pemilik kost sering mengalami kesulitan dalam menentukan harga sewa yang sesuai dengan kondisi dan kualitas kost yang ditawarkan, ketidakpastian dalam memprediksi permintaan dan penawaran kost di pasar, serta keterbatasan dalam mengakses data dan informasi yang relevan untuk mendukung pengambilan keputusan. Oleh sebab itu, dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang bisa menolong  pemilik kost memperkirakan biaya sewa dengan lebih akurat dan efektif. Untuk menyelesaikan masalah ini, peneliti menggunakan logika Fuzzy Tsukamoto, yang akan dimasukkan ke dalam sistem untuk melakukan prediksi biaya sewa kost. Metode ini akan mempertimbangkan lima variabel atau kriteria, yaitu Jarak ke kampus, Luas kamar, Fasilitas, Kebersihan, dan Akses transportasi. Data yang diperlukan akan diambil melalui beberapa metode pengumpulan informasi, di antara lain merupakan observasi, wawancara, serta kuisioner. Sistem Fuzzy Tsukamoto dimulai dengan variabel input dan outputnya. Kemudian, nilai fuzzy dibentuk. Selanjutnya, membuat aturan untuk menghitung Fuzzy Tsukamoto. Terakhir, defuzzifikasi dilakukan untuk mendapatkan nilai outputnya. Penelitian ini mengkonfirmasi bahwa metode Fuzzy Tsukamoto dapat digunakan sebagai pendekatan yang efektif untuk memprediksi biaya sewa kost. Melalui penerapan metode ini, hasil prediksi biaya sewa kost dapat diperoleh dengan tingkat akurasi yang memadai. Pengembangan sistem pendukung keputusan ini memberikan nilai tambah bagi pemilik kost dalam menentukan harga sewa yang sesuai dengan kondisi dan kualitas kost yang ditawarkan. Dengan menggunakan sistem ini, pemilik kost dapat memperoleh estimasi biaya sewa yang lebih akurat dan efektif, mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan.

References

Yudha, B. (2021). "Pengukuran Rate Kualitas Villa-Vila Daerah Puncak Bogor dengan Logika Fuzzy Metode Tsukamoto." Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol. 6, No. 4, Desember 2021, halaman 688-696

Febrianto, M. A., Dara, M. A. D. W. (2021). "Sistem Kecerdasan Buatan untuk Menentukan Harga Sewa Kamar Kost Menggunakan Algoritma Fuzzy Tsukamoto." Seminar Nasional Inovasi Teknologi, UN PGRI Kediri, 24 Juli 2021.

Athiyah, U., Hananta, A., Maulidi, T., Putra, V. M. E., Purba, T. F. H., Bakowatun, E. A. W. (2021). "Sistem Pendukung Keputusan Prediksi Harga Rumah Kost untuk Mahasiswa IT Telkom Purwokerto Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Web." JOURNAL OF DINDA, Vol. 1, No. 2, 2021, halaman 77-81.

Ragestu, F. D., Sibarani, A. J. P. (2020). "Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Dalam Pemilihan Siswa Teladan di Sekolah." Jurnal Ilmiah Sinergi, Vol. 24, No. 3, 2020.

Pangestu, D. R., Widaningrum, I., Astuti, A. Y. (2022). "Sistem Rekomendasi Pembelian Rumah Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto." Journal of Computing Engineering, System and Science, Vol. 7, No. 1, January 2022, halaman 172-185.

Nugraha, R. W., Rahayu, S. (2021). "Implementasi Fuzzy Sugeno untuk Pengambilan Keputusan dalam Menentukan Kelayakan Barang (Studi Kasus FIFA OUTDOOR GEAR)." Jurnal Komputer Bisnis, Vol. 15, No. 2, 2021.

Prismawan, W., Bu’ulolo, E., Sihite, A. M. H. (2022). "Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Tarif Maksimum Kamar Hotel Garuda Plaza Medan dengan Metode Fuzzy Tsukamoto." RESOLUSI, Vol. 2, No. 5, Mei 2022, halaman 195-200.

Siswidiyanto, A., Munif, A., Wijayanti, D., Haryadi, E. (2020). "Sistem Informasi Penyewaan Rumah Kontrakan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Prototype." Jurnal Interkom, Volume 15, Nomor 1, April 2020.

Marpaung, J. Y., Ginting, G. L., Silalahi, N. (2020). "Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Dalam Penentuan Harga Laptop Bekas." Building of Informatics, Technology and Science (BITS), Volume 2, No. 2, December 2020, halaman 115-126.

Ahmad, F., Irfan, P., Abidin, Z. (2019). "Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto untuk Menentukan Kelayakan Peminjaman pada Koperasi (Studi Kasus di KPRI Warga Bina Karya)." Jurnal BITe: BUMIGORA INFORMATION AND TECHNOLOGY, Vol. 1, No. 2, Desember 2019, halaman 102-109. ISSN: 2685-4066.

Prasetyo, B., Atina, V., & Purwanto, E. (2021). Sistem Rekomendasi Pariwisata dengan Metode Content Based Recommendation Berbasis Website (Studi Kasus: Dinas Pariwisata dan Budaya Surakarta). Duta.com, 14(1), Februari 2021. ISSN: 2086-9436.

Published

2023-07-25