Analisis Harga Kuota Internet Menggunakan Metode Multiple Regresi Linear

Authors

  • Muhammad Hafizh Al Mustofa Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nurmalitasari Nurmalitasari Univer

Keywords:

Harga, Kuota Internet, Regresi linier berganda

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju ditunjukkan pada meningkatnya penggunaan internet di zaman milenial. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya perkembangan dan kebutuhan alat komunikasi semakin pesat. Salah satu kebutuhannya adalah kuota internet. Metode yang digunakan untuk memprediksi harga kuota internet adalah regresi linear berganda. Regresi liniear berganda adalah metode yang memodelkan variabel dependen dan variabel independen yang lebih dari satu, dengan menganalisis hubungan antar variabel-variabel tersebut. Dataset yang digunakan memiliki 250 data dengan 50 kolom,variabel dependen nya adalah harga dengan variabel independen nya adalah besar kuota GB, kecepatan per mbps,berdasarkan jenis daerah,dan masa aktif kuota per hari. Tujuan dari penulisan adalah mengenalkan penggunaan metode regresi linier pada masyarakat terutama pada golongan mahasiswa. Hasil evaluasi linier dalam nilai MAE,MSE,RMSE,dan MAPE menunjukkan bahwa data memiliki tingkat error yang cukup rendah. Grafik prediksi vs aktual menunjukkan bahwa nilai aktual dan prediksi tidak terlalu jauh,sehingga keakuratan prediksi menjadi tinggi.

References

Joseph F. Hair, William C. Black, Barry J. Babin, Rolph E. Anderson(2013). Multivariate Data Analysis. Pearson Education Limited,London.

Gujarati, D.N. and Porter, D.C. (2009). Basic Econometrics. 5th Edition, McGraw Hill Inc. New York.

Kutner, M. H., Nachtsheim, C. J., Neter, J., & Li, W. (2005). Applied Linear Regression Models, McGraw-Hill/Irwin. New York.

Muhammad Sholeh, Suraya, Dina Andayati (2022). Machine Linear untuk Analisis Regresi Linier Biaya Asuransi Kesehatan dengan Menggunakan Python Jupyter Notebook. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika.

Muhammad Sholeh (2022). Penerapan Regresi Linear Ganda Untuk Memprediksi Hasil Nilai Kuesioner Mahasiswa Dengan Menggunakan Python. Jurnal Dinamika Informatika. Semarang

Alma Hidayanti,Amril Mutoi Siregar, Santi Arum Puspita Lestari, Yana Cahyana(2022). Model Analisis Kasus Covid-19 Di Indonesia Menggunakan Algoritma Regresi Linier Dan Random Forest.Petir.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfa Beta. Bandung

Arikunto S (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Edward R. Tufte (1997). Visual Explanations: Images and Quantities, Evidence and Narrative. Graphics Press

Handley Wickham (2009). ggplot2: elegant graphics for data analysis. Spinger.

Yayan Adrianova Eka Tuah(2020). Implementasi Linear Sederhana Untuk Prediksi Gaji Berdasarkan Pengalaman Lama Bekerja. Jutech

W. Musu et al. “Pengaruh Komposisi Data Training dan Testing terhadap Akurasi Algoritma C4 . 5,”. in PROSIDING SEMINAR ILMIAH SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI, 2021, pp. 186–195.

Published

2023-07-25