Prediksi Harga Indekost Menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda

Authors

  • Miftahul Hasanah Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nurmalitasari Nurmalitasari Univer

Keywords:

indekost, regresi linier berganda, prediksi, harga

Abstract

Kata kost mulai dikenal sejak zaman Hindia Belanda yang berasal dari kata “in de kost” yang secara harfiah bermakna “makan di dalam”. Seiring berjalannya waktu istilah ini berkembang menjadi sebuah bisnis yang cukup populer dikalangan pelancong, mahasiswa, karyawan serta hirarki lainnya yang erat koneksi dengan perantauan. Untuk memudahkan para penyewa memilih indekost, peneliti melakukan sebuah riset analisis terkait prediksi harga indekost menggunakan regresi linier berganda. Penelitian ini melibat 7 variabel independen dan i variabel dependen yakni harga kos. Dari hasil yang telah dianalisis, dari ke 7 variabel ini kolom “Jml Fasilitas Kamar” dan “Review Kos” memiliki hubungan linieritas yang kuat.

References

Arum, G. (2017). Perbandingan Kepekaan Uji Anderson Darling dan Uji Geary pada Masalah Kenormalan Data menggunakan Simulasi Monte Carlo. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Asnia, A., & Handayani, T. (2022, November). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pemilihan Rumah Kost Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis. Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT) , 295.

Eviana, F. (2016). PERENCANAAN KUALITAS PROSES FILLING TEH BOTOL SOSRO 220ML DI PT. SINAR SOSRO MOJOKERTO DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS KOMPONEN VARIAN. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Haryanto, C., Rahaningsih, N., & Basysyar, F. M. (2023). KOMPARASI ALGORITMA MACHINE LEARNING DALAM MEMPREDIKSI HARGA RUMAH. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) , 7, 533 - 539.

Meiryani. (2021, Agustus 12). Memahami Analisis Regresi Linier Berganda. Retrieved Juni 30, 2023, from BINUS UNIVERSITY School of Accounting: https://accounting.binus.ac.id

Pratama, A. (2017). Model Simulasi Antrian Dengan Metode Kolmogorov-Smirnov Normal Pada Unit Pelayanan. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika , 27-37.

Romario. (2019, Januari 22). Asal Muasal Kost. Retrieved Juni 30, 2023, from romariokost.com: https://www.romariokost.com

Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP INDONESIA. Jurnal Ilmiah M-Progress , 10, 1.

Published

2023-07-25