Sistem Informasi Layanan Laundry Pada Cristy Laundry

Authors

  • Kris Dayanti Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Eko Purwanto Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ratna Puspita Indah Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Laundry, Waterfall, PHP, MySQL, Website

Abstract

Cristy laundry merupakan usaha jasa laundry yang berspesialisasi dalam menyediakan berbagai macam layanan seperti cuci setrika, laundry reguler, laundry one day dan berbagai layanan lainnya. Pengelolaan data pada Cristy Laundry dilakukan secara manual yakni setiap data dan transaksi ditulis tangan pada buku, sehingga sering terjadi kesalahan dalam memberikan barang kepada pelanggan atau pakaian tertukar karena kelalaian karyawan. Dengan pencatatan secara manual ini tidak jarang juga terjadi kesalahan dalam perhitungan harga jenis layanan laundry dan hilangnya record data serta ketidak sinkronan data material yang ada. Untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas, maka Cristy Laundry memerlukan sebuah sistem yang dapat membantu setiap proses kegiatan laundry. Tujuan penelitian ini dilaksanakan yaitu membangun sistem informasi layanan laundry yang mampu memudahkan dan efisiensi setiap kegiatan dan proses transaksi pada usaha laundry. Dalam penelitian ini penulis memakai metode waterfall (air terjun) sebagai metode pengembangan sistem. Metode waterfall merupakan metode yang menyediakan pendekatan siklus hidup perangkat lunak berurutan atau langkah demi langkah mulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, serta dukungan. Untuk pengembangan sistem, bahasa pemrograman yang dipakai oleh penulis yaitu PHP dan MySQL sebagai database. Perolehan penelitian ini adalah sistem informasi layanan laundry menjadikan setiap kegiatan laundry dan proses transaksi menjadi lebih mudah. Dimana sistem ini berbasis website dan terdapat fitur laporan yang memudahkan pembacaan laporan. Hasil pengujian Black Box terhadap sistem ini menunjukan semua fungsi telah berjalan sesuai harapan.

References

Dedy, P. R. (2020). Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. In Definisi Informasi. Scopindo Media Pustaka.

Permana, E., & Yuniar, D. (2021). SISTEM INFORMASI PE JASA LAUNDRY BERBASIS WEB PADA TIRA LOUNDRY. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi STMIK Subang, 14(1).

Rahman, F. Y. (2021). PENERAPAN METODE WATERFALL PADA APLIKASI LAUNDRY BERBASIS WEB. Technologia: Jurnal Ilmiah, 12(2).

Rangga Prasetyo, Caka Gatot Priambodo, & Surajiyo. (2022). Sistem Informasi Pe Jasa Laundry Dika. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika, 3.

Safitri, R. (2018). SIMPLE CRUD BUKU TAMU PERPUSTAKAAN BERBASIS PHP DAN MYSQL: LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(2).

Susilawati, T., Yuliansyah, F., Romzi, M., & Aryani, R. (2020). MEMBANGUN WEBSITE TOKO ONLINE PEMPEK NTHREE MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL. Jurnal Teknik Informatika Mahakarya (JTIM), 3(1).

Suprihadi, E. (2020). Sistem Informasi Bisnis Dunia Versi 4.0. Andi Offset.

Uminingsih, Nur Ichsanudin, M., Yusuf, M., & Suraya, S. (2022). PENGUJIAN FUNGSIONAL PERANGKAT LUNAK SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DENGAN METODE BLACK BOX TESTING BAGI PEMULA. STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer, 1(2).

Suryana, H., & Kuswara, H. (2020). Sistem Informasi Penerimaan Karyawan Baru Berbasis Web Pada Belanja Keramik Cikarang. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(1).

Sangga Rasefta, R., & Esabella, S. (2020). SISTEM INFORMASI AKADEMIK SMK NEGERI 3 SUMBAWA BESAR BERBASIS WEB. Jurnal Informatika, Teknologi dan Sains, 2(1).

Shadiq, J., Safei, A., & Loly, R. W. R. (2021). Pengujian Aplikasi Peminjaman Kendaraan Operasional Kantor Menggunakan BlackBox Testing. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS: Journal of Information Management, 5(2).

Published

2023-07-25