Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Investasi dengan Metode SAW

Authors

  • Chandra Ramadhan Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Baassith Khoiruddin Akmal Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ega Muhammad Atsir Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Investasi, SAW, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Investasi merupakan suatu keputusan penting yang harus diambil dengan hati-hati oleh para investor. Dalam menghadapi berbagai pilihan jenis investasi yang tersedia, investor sering kali menghadapi tantangan dalam menentukan jenis investasi yang paling menguntungkan dan sesuai dengan tujuan keuangan mereka. Dikarekan hal tersebut, dilakukannya penelitian ini mempunyai tujuan untuk memberi solusi  dengan menyediakan perangkingan pemilihan jenis investasi berdasarkan perhitungan menggunakan metode SAW yang mengumpulkan data objektif. Dalam penelitian ini, kami mengidentifikasi beberapa alternatif jenis investasi yang umum, termasuk saham, obligasi, reksa dana, properti komersial, dan lain-lain. Selanjutnya, kami mengumpulkan data objektif terkait dengan masing-masing jenis investasi, seperti tingkat pengembalian, risiko, likuiditas, dan faktor-faktor lain yang relevan. Data ini kemudian diolah menggunakan metode SAW untuk menghasilkan skor preferensi bagi semua alternatif investasi. Hasil perhitungan menggunakan metode SAW menunjukkan bahwa Alternatif 4 (V4), yaitu properti komersial, mendapatkan skor preferensi tertinggi. Hal ini menunjukkan bahwa properti komersial memiliki tingkat pengembalian yang tinggi, risiko yang dapat dikelola, likuiditas yang memadai, dan faktor-faktor lain yang mendukung sebagai pilihan investasi yang menarik. Dengan menggunakan sistem perangkingan ini, diharapkan investor dan orang awam dapat memperoleh hasil perangkingan jenis investasi yang akurat dan efektif dalam pengambilan keputusan. Dengan mempertimbangkan data objektif dan skor preferensi, investor dapat membuat keputusan investasi yang lebih informasional dan mengurangi risiko yang terkait dengan pemilihan jenis investasi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang pengambilan keputusan investasi dengan menyediakan metode yang objektif dan dapat diandalkan untuk memilih jenis investasi yang paling menguntungkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu investor dan orang awam dalam merencanakan strategi investasi mereka dan mencapai tujuan keuangan mereka dengan lebih efektif dan efisien.

References

T. Penyusun and L. Penerbitan, MANAJEMEN INVESTASI DAN PORTOFOLIO.

S. Adiningtyas and L. Hakim, “Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi, dan Uang Saku terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Syariah dengan Risiko Investasi sebagai Variabel Intervening,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 8, no. 1, p. 474, Mar. 2022, doi: 10.29040/jiei.v8i1.4609.

M. Muthohir and A. Zainudin, “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) PADA SISTEM INFORMASI PEMILIHAN JURUSAN BERBASIS DECISION SUPPORT SYSTEM,” vol. 7, 2018.

J. Andrianto, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT UNTUK SISWA-SISWI SMA NEGERI 1 SALE.”

L. N. Sukaryati, A. Voutama, U. S. Karawang, and J. H. Ronggo, “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEMILIH KARYAWAN TERBAIK,” Jurnal Ilmiah MATRIK, vol. 24, no. 3, p. 2022.

A. W. Amin and M. Hilman, “JU RN AL IN D UST R I AL G AL UH PRINTING NUELA TASIKMALAYA.”

A. Faizin and E. Mulyanto, “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK SELEKSI TENAGA KERJA BARU BAGIAN PRODUKSI (Studi Kasus Pada PT. Jesi Jason Surja Wibowo).”

A. Ardiansyah, M. Hasbi, and T. Susyanto, “Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Siswa Baru Berprestasi Di SMP IT Surakarta Menggunakan Metode Nearest Neighbor Dan Simple Additive Weighting,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSiN), vol. 10, no. 2, p. 55, Nov. 2022, doi: 10.30646/tikomsin.v10i2.658.

F. I. Fajar, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN SISWA BERPRESTASI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SMK INFORMATIKA AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KOTA CIREBON.”

O. Anugrah Ade Purnama, S. Wiharjo, Y. Mitha Djaksana, J. Raya Puspiptek, K. Pamulang, and K. Tangerang Selatan, “INTEGRASI METODE PERBANDINGAN EKSPONENSIAL (MPE) DAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA BERPRESTASI,” Sistem Informasi |, vol. 8, no. 2, pp. 122–127, 2021.

Published

2023-07-25