Penerapan Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Bisnis

Authors

  • Achmad Nur Iskandar Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Yeremia Dhimas Abiyoso Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Humam Hamid Al Hafidz Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

SAW, SPK, Strategi Bisnis, Media Sosial, Media Bisnis

Abstract

Dalam era teknologi yang terus menjadi tumbuh ini, media sosial sudah jadi salah satu perlengkapan yang sangat efisien buat pemasaran serta komunikasi. Mereka berperan selaku platform buat berbagi serta berhubungan, dan selaku metode buat tingkatkan jumlah pelanggan serta tingkatkan visibilitas merk di internet. Tetapi, berguna untuk owner bisnis guna memilah media sosial yang sangat cocok dengan kebutuhan mereka di antara banyak platform yang ada. Riset ini hendak mengenakan prosedur kuantitatif Simple Additive Weighting( SAW). Guna proses pengolahan penemuan studi, penulis menetapkan penyelesaian yang cocok dengan langkah- langkah Simple Additive Weight( SAW). di mana terdapat 4 sesi: memastikan kriteria serta alternatif yang hendak digunakan selaku rujukan, membuat matriks keputusan serta perankingan, serta memakai tata cara pengurangan bonus simpel( SAW). Untuk memastikan tipe media apa yang dibutuhkan untuk pemasaran, Sistem Pendukung Keputusan( SPK). Media sosial Telegram yang digunakan untuk menargetkan jual beli ataupun promosi.

References

F. Nidaul Khasanah., “Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19,” J. Sains Teknol. dalam Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 51–62, 2020, doi: 10.31599/jstpm.v1i1.255.

G. Gunawan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Media Cetak Sebagai Sarana Promosi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process Dan Weighted Product,” JTT (Jurnal Teknol. Terpadu), vol. 7, no. 1, 2019, doi: 10.32487/jtt.v7i1.497

M. Wegmuller, J. P. von der Weid, P. Oberson, and N. Gisin, “High resolution fiber distributed measurements with coherent OFDR,” in Proc.

ECOC’00, 2000

E. L. Putri and B. Sinaga, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Strategi Pemasaran Barang dengan Metode Analytic Hierarchy Process,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 25–36, 2022. (2002).

M. F. Penta, F. B. Siahaan, and S. H. Sukamana, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode SAW pada PT. Kujang Sakti Anugrah, 1996.

H. Kurniawan, “Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk Kain Tradisional Indonesia,” Departemen Sains & Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2014.

E. Turban, J. E. Aronson dan T. P. Liang, Decision Support Systems and Intelligent Sistems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas),

Yogyakarta: Andi, 2005

A. T. Syauqi, “Startup sebagai Digitalisasi Ekonomi dan Dampaknya bagi Ekonomi Kreatif di Indonesia,” Dep. Electr. Eng. Inf.Technol., pp. 1–4, 2016.

A. A. Larasati, A. S. F. Utami, and F.Prasetyo, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Belanja Online Marketplace Menggunakan Analytic Network Process (ANP),” INFORMATICS Educ. Prof. J. Informatics, vol. 4, no. 2, p.133, 2020, doi: 10.51211/itbi.v4i2.1310.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosialuntuk efektifitas komunikasi. Jurnal Humaniora, 16(2), 1–7.

Hasyim Rosidi, Pegi Atina, Vihi (2022). Penerapan Sistem Rekomendasi Pada Rancang Bangun Aplikasi Start Up Penyedia Informasi Event

Published

2023-07-25