Sistem Pendukung Kaputusan Pengambilan Dosen Terbaik dengan Metode Topsis

Authors

  • Siti Nur Azizah Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Amanda Della Romadhon Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

sistem pendukung keputusan, TOPSIS, Dosen

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu system yag dirancang untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang kompleks. Pada penelitian ini, penulis melakukan analisis dengan menggunakan data dosen utnuk mengetahui dosen terbaik di Universitas Duta Bangsa. Tujuan utama dari penelitian ini adalah meningkatkan objektivitas, akurasi, dan efisiensi dalam pengambilan keputusan tersebut. Metode TOPSIS digunakan untuk mengevaluasi kinerja dosen berdasarkan kriteria-kriteria yang relevan. Dalam paper ini, dijelaskan tentang langkah-langkah dalam pengembangan sistem, metode TOPSIS yang digunakan, dan implementasi SPK dalam pemilihan dosen terbaik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technique For Order Performance by Similiarity to Ideal Solution (TOPSIS). Berdasarkan perhitungan serta analisis, didapat hasil bahwa dengan mempertimbangkan prioritas kriteria interdependensi dan dokumen penilaian dosen, sistem yang dikembangkan dapat memberikan urutan dosen yang berprestasi. Dosen terbaik menurut perhitungan dimiliki oleh Hanifah Permatasari, M. Kom dengan kode alternatif A4 dan nilai hasil preferensinya adalah 1. Kemudian disusul oleh Marta Ardiyanto, S.Kom dengan nilai 0.783063247 serta Vihi Atina, M.Kom dengan nilai 0.737885648.

References

Puteri, J. N., Supriyadi, D., Larasvaty, C., & Billianto, B. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pengajar (Dosen) Terbaik Fakultas Teknologi Industri dan Informatika IT Telkom Purwokerto Menggunakan Metode TOPSIS. In Conference on Electrical Engineering, Telematics, Industrial technology, and Creative Media (CENTIVE) (Vol. 2, No. 1, pp. 66-73).

Mutmainah, I., & Yunita, Y. (2021). Penerapan Metode Topsis Dalam Pemilihan Jasa Ekspedisi. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 10(1), 86-92.

Musianto, L. S. (2002). Perbedaan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan kualitatif dalam metode penelitian. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 4(2), 123-136.

Surahmad, B., & Susilawati, I. R. (2015). Analisis Motif Pembelian Produk Fotografi Pada Anggota Komunitas Trenggalek Street Photography. Jurnal Studi Psikologi.

Heru Irianto, Burham Bungin Pokok-pokok Penting Dalam Wawancara (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada 2003) h.110

Noeraini, I. A., & Sugiyono, S. (2016). Pengaruh tingkat kepercayaan, kualitas pelayanan, dan hargaterhadap kepuasan pelanggan JNE Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).

N. P. a. J. P. b, “A decision support system for multiple criteria alternative ranking,” no. A desicion support system for multiple criteria alternative ranking using TOPSIS and VIKOR in fuzzy and nonfuzzy envronments, p.2, 2019

Santiary, P. A. W., Ciptayani, P. I., Saptarini, N. G. A. P. H., & Swardika, I. K. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Wisata dengan Metode Topsis. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(5), 621-628.

Simanjorang, R. M. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik dengan menggunakan Metode TOPSIS (Studi Kasus: STMIK Pelita Nusantara Medan). Media Informasi Analisa dan Sistem, (1), 10-15.

Putri Alit Widyastuti Santiary,“Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Wisata Dengan Metode Topsis,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 5, no. Penerapan Metode TOPSIS pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Wisata, p. 622, 2018.

Published

2023-07-25