Prototype Pendeteksi Objek pada Sistem Parkir

Authors

  • Herliyani Hasanah Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ariya Budi Santoso Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Fajar Wahyu Hanafi Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Ilham Amani Saiful Haq Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Marcelino Jonatan Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

parkir, objek, ultrasonik, jarak

Abstract

Kondisi yang sering terjadi terutama di tempat parkir adalah lahan yang tersedia tidak sebanding dengan perkembangan jumlah mobil, hal ini menyulitkan para pengemudi mobil yang akan memarkirkan mobilnya, pengemudi harus berhati-hati dan dapat memperkirakan jarak aman antar kendaraan atau benda di sekitarnya agar meminimalisir terjadinya benturan antara kendaraan satu dengan yang lain ataupun dengan benda yang ada disekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem yang memudahkan pengemudi dalam parkir yaitu mengetahui adanya objek di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan sensor ultrasonik untuk mendeteksi dan mengukur jarak antara mobil dengan halangan, serta menggunakan Arduino Uno sebagai pengendali utama sistem. Sensor ultrasonik hc-sr04 memiliki hasil pengukuran ripitabilitas sebesar 97%. Hal ini menandakan bahwa sensor hc-sr04 dapat memberikan hasil yang hampir sama dalam pengukuran berulang. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, diketahui bahwa sensor ultrasonik cukup efektif untuk mengukur jarak 2 cm hingga 12 m. Berdasarkan pengujian tersebut, sensor ultrasonik cukup efisien untuk dipasang di sensor parkir.

References

Solehman, Rachman, Mirza., & Sohwan, Agus. Rancang Bangun Prototype Sensor Cerdas Parkir Mobil Sebagai Sensor Mundur. Jurnal TEKINFO. 2019;Vol 1 (2): 119-127.

Limantara, Arthur Daniel, Dkk. Pemodelan Sistem Pelacakan Lot Parkir Kosong Berbasis Sensor Ultrasonic Dan Internet Of Things (IOT) Pada Lahan Parkir Diluar Jalan. Seminar Nasional Sains dan Teknologi. Jakarta. 2017: 1-10.

Aji, M Drajad Kuncoro. Simulasi Parkir Menggunakan Ultrasonik Sensor Pada Proteus. Jurnal UMS. 2017.

Yudha, Putra Stevano., & Sani, Ridwan Abdullah. Implementasi Sensor Ultrasonik HC-SR04 Sebagai Sensor Parkir Mobil Berbasis Arduino. Jurnal EINSTEIN. 2017.

Setyawan, B., Andryana, S., & Winarsih, W. (2018). Sistem Deteksi Menggunakan Sensor Ultrasonik berbasis Arduino mega 2560 dan Processing untuk Sistem Keamanan Rumah. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), 3(3).

Kharisma, O. B., & Riandi, R. (2018). Pengembangan Sistem Deteksi Objek berbasis Teknologi Internet of Things terintegrasi Telegram Bot menggunakan Ultrasonik HCS04R. In Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (pp. 351-356).

Elang. Cara Kerja Sensor Ultrasonik, Rangkaian & Aplikasinya. 2015. http://www.elangsakti.com/2015/05/sensor-ultrasonik.html (diakses Juli 30 ,2023)

Sianipar, R.H. Pemrograman Matlab dalam contoh dan penerapan. Bandung: INFORMATIKA Bandung, 2013.

Published

2023-07-25