Sistem Informasi Administrasi Sarana Dan Prasana di SMP Negeri 15 Surakarta

Authors

  • Muhammad Ainur Roqim Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Moh Muhtarom Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Intan Oktaviani Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Sistem Informasi, Administrasi, Sarana dan Prasarana

Abstract

Dalam dunia pendidikan khususnya jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, yang dapat dikelompokan kedalam sarana diantaranya adalah alat tulis, bahan peraga, alat praktikum, alat olahraga, komputer, sedangkan prasarana: Ruang kelas, ruang guru, lapangan olahraga, ruang praktek dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi pengelolaan dan pendataan informasi administrasi sarana dan prasarana di SMP Negeri 15 Surakarta. Sistem informasi adminitrasi sarana dan prasarana dibuat untuk memudahkan dalam pengelolaan khususnya memberikan prioritas terhadap perbaikan dan perawatan sarana prasarana di SMP Negeri 15 Surakarta,  pembangunan sistem dilakukan menggunakan metode UML, sistem dibangun dengan melakukan analisis terhadap kekurangan sistem yang sedang berjalan, perancangan basis data, perancangan alur sistem dan implementasi sistem, dengan adanya aplikasi sistem informasi adminitrasi sarana dan prasarana pada SMP Negeri 15 pelayanan yang diberikan oleh SMP Negeri 15 Surakarta dapat lebih optimal, sehingga kegiatan belajar mengajar, dapat berjalan lebih baik, sistem yang sudah terbentuk diuji dengan metode blackbox. Dari hasil pengujian blackbox,  mulai halaman login, hingga halaman pelaporan memberikan hasil sesuai yang diharapkan, sehingga sistem ini dapat digunakan.

References

H. A. R. Tilaar, Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta, 2017.

S. G. Kemendikbud, Strategi Literasi Dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

A. Azra, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2012.

M. Usnaini, V. Yasin, and A. Z. Sianipar, “Perancangan sistem informasi inventarisasi aset berbasis web menggunakan metode waterfall,” J. Manajamen Inform. Jayakarta, vol. 1, no. 1, p. 36, 2021, doi: 10.52362/jmijayakarta.v1i1.415.

Jumroni, J. Suwita, and T. Beby, “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Pada Smk Gema Bangsa,” J. IPSIKOM Desember, vol. 9, no. ISSN : 2338-4093, pp. 53–61, 2021.

D. Zaliluddin, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web ( Studi Kasus Pada Newbiestore ),” INFOTECH journa, vol. 4, no. 1, pp. 24–27, 2017.

P. W.J.S, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka, 2015.

H. M. Jogiyanto, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan. Bisnis, ANDI, Yogyakarta: Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi, 2018.

F. E. Nugroho, R. Taufiq, and M. S. Alfarizi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Desa Sukadamai Kabupaten Tangerang,” J. Din. Univ. Muhammadiyah Tangerang P, no. September, pp. 2581–1894, 2021.

R. Yanto, “Sistem Informasi Layanan Pengaduan Pungutan Liar (PUNGLI) Masyarakat Kota Lubuklinggau Information System For Community Complaints Of Illegal Charges (PUNGLI) Lubuklinggau City,” J. Ilm. Bin. STMIK Bina Nusant. Jaya, vol. 0, no. 01, pp. 2657–2117, 2022.

S. M. Al Zikri, “Perancangan Sistem Pengelolaan Data Penerima Dana Zakat, Infaq Dan Sedekah Menggunakan Framework Laravel,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 3, pp. 344–352, 2021, doi: 10.33365/jatika.v2i3.1234.

R. Kendall, K. E, and J. E. Kendall, “Analisis dan. Perancangan Sistem Edisi Ke-5 Jilid 1,” Cetakan, p. 2, 2017.

A. Kristanto, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Jakarta: Gava Media, 2018.

Published

2023-07-25