Sistem Pendukung Keputusan Mahasiswa Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Untuk Penerima Beasiswa

Authors

  • Ilham Nur Yuliansyah Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Bintang Alamsyah Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Humam Rosadi Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

SPK, SAW, beasiswa

Abstract

Terdapat skema pemberian beasiswa di setiap lembaga pendidikan. mengadakan program beasiswa Untuk meringankan beban keuangan mahasiswa selama menempuh studi, secara khusus dilakukan secara selektif sesuai dengan jenis beasiswa yang tersedia. Salah satunya adalah penerima beasiswa PPA. Saat melamar beasiswa, persyaratan khusus harus dipenuhi untuk memilih penerima. Untuk menerima beasiswa, seseorang harus mengikuti aturan yang ditetapkan. Oleh karena itu, tidak semua orang yang mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa akan disetujui; hanya mereka yang memenuhi kriteria yang akan diberikan beasiswa. Namun, beasiswa distribusi yang dalam seringkali merupakan target yang salah. Hal ini disebabkan karena penerima beasiswa tidak dapat ditentukan dengan menggunakan teknologi atau cara yang digunakan untuk menentukan hadiah. Pendekatan Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan seleksi penerima beasiswa sistem tersebut. Pendekatan SAW digunakan untuk menilai alternatif yang sudah tersedia.

References

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta:Penerbit ANDI

Eniyati, Sri. (2011) “Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan keputusan Untuk Penerimaan Beasiswa Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting)”. Jurnal Teknologi Informatika DINMIK Volume 16,.

Rizal, 2013. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Penerima Beasiswa Pada Universitas Malikussaleh, Jurnal Penelitian Teknik Informatika Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe - Aceh, 2 (1), 113-124.

Hidayat R 2013. Sistem pendukung kkeputusan seleksi calon penerima beasiswa pada sekolah SMPI-Asy Syakirin dengan menggunakan metode Simple aditive weighting (SAW). Fakultas Ilmu komputer Universitas Dian Nuswantoro

Sipayung, H.2014. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Ppa Dan Bbm Bagi Mahasiswa Stmik Akakom Yogyakarta Menggunakan Metode Naive Bayes. Skripsi Thesis, Stmik Akakom Yogyakarta.

Wibowo,H 2009. Simtem Pendukung Keputusan untuk menentukan penerima beasiswa Bank BRI menggunakan FMADM . Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.

Hasan, M Iqbal. 2002. Pokok – pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Hermawan, Julius 2005. Mengembangkan Decission Support System. Yogyakarta : Andi.

Murniasih, Erny. 2009. Buku Pintar Beasiswa. Jakarta : GagasMedia

Published

2023-07-25