Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi dengan Metode TOPSIS

Authors

  • Athaya Abdul Fattah Wacana Wijaya Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Rifki Hidayat Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Tita Aisyah Khoirun Nisa Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Mahasiswa, TOPSIS, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Banyak mahasiswa mengalami perubahan menuju pemikiran yang lebih dewasa, perubahan cara perilaku dan sikap mahasiswa bisa berdampak pada keberhasilan akademik. Di era persaingan yang semakin ketat di dunia perguruan tinggi, panitia seleksi menghadapi tantangan yang sulit untuk memilih siswa yang berprestasi. Pada beberapa kasus, penilaian subjektif menyebabkan ketidakadilan prosedur pengambilan keputusan dan tidak mudah dalam membuat keputusan yang optimal. Maka, penggunaan sistem pendukung keputusan dengan metode TOPSIS bisa memudahkan penentuan mahasiswa yang berprestasi secara objektif dan efisien. Metode ini berdasarkan konsep matematis yang menggabungkan pendekatan solusi ideal positif dan pendekatan solusi ideal negatif untuk menemukan penyelesaian terbaik. Terdapat berbagai kriteria relevan yang harus dipertimbangkan. Misalnya, IPK, karya tulis ilmiah, prestasi mahasiswa, nilai bahasa inggris, dan kemampuan public speaking. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data secara objektif dan cepat agar mendapatkan hasil perangkingan mahasiswa yang berprestasi, sehingga dapat membantu Program Studi Geografi dalam menentukan mahasiswa yang berprestasi.Berdasarkan perhitungan menggunakan metode TOPSIS, ditemukan bahwa V8 dengan nama Tasya’u adalah mahasiswa berprestasi dengan nilai preferensi tertinggi yaitu 0,8310. Dengan penerapan sistem ini, dapat membantu mencapai tujuan yang diinginkan dan memberikan perhitugan yang cepat dan akurat. Sehingga, Program Studi Geografi dapat memperoleh hasil perangkingan mahasiswa berprestasi yang lebih akurat dan efektif dalam pengambilan keputusan.

References

V. Atina, F. E. Nastiti, and V. Aryadi, “APLIKASI DETEKSI KESESUAIAN PEKERJAAN BERDASARKAN TES KEPRIBADIAN BERBASIS MOBILE,” Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta, vol. 4, pp. 52–57, 2018.

R. Simanjuntak, M. Safii, and W. Saputra, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Terbaik Dengan Menggunakan Metode Topsis di SMA Sultan Agung Pematangsiantar,” Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS), vol. 2, pp. 331–341, 2020.

A. Yuyut Lesmana and A. C. Nugroho, “PENGGUNAAN METODE TOPSIS UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI DI MAN 1 METRO.”

E. D. Sikumbang and I. M. Muhammad, “Metode Topsis Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi,” 2021.

A. E. Munthafa and H. Mubarok, “PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MAHASISWA BERPRESTASI,” vol. 3, no. 2, 2017.

L. Cahyani, M. Arif, and F. Ningsih, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE MOORA (STUDI KASUS FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA),” 2019.

B. Di et al., “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA,” Jurnal Ilmu Komputer Indonesia (JIKI), vol. 4, no. 1, 2019.

R. M. Zulqarnain et al., “Application of TOPSIS Method for Decision Making Topological Invariant and bounds of graphs View project Neutrosophic Hypersoft Sets View project Application of TOPSIS Method for Decision Making,” International Journal of Scientific Research in ___________________________ Research Paper. Mathematical and Statistical Sciences, no. 7, pp. 76–81, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/342347772

A. Nur Fitriana, K. Kunci -Sekolah, and S. Pendukung Keputusan, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Prestasi Akademik Siswa dengan Metode TOPSIS,” Citec Journal, vol. 2, no. 2, 2015.

M. Y. A.-H. Syah, M. R. Sanjaya, E. Lestari, and B. W. Putra, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menerapkan Metode TOPSIS Untuk Menentukan Siswa Terbaik,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 149–154, Apr. 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i2.794.

F. Ahmad Rizal and J. Sasongko Wibowo, SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER FOR BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS). 2018.

Published

2023-07-25