Penerapan Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Lulusan Terbaik

Authors

  • Anita Carolina Wibowo Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Gabrielle Yoam Maranatha Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Khoirul Adi Saputro Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Siswa, lulusan, Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product

Abstract

SMPN 1 Tawangsari merupakan salah satu sekolah yang juga melakukan pemilihan siswa lulusan terbaik. Namun, pemilihan ini masih berdasarkan nilai ujian saja dan belum mencakup faktor-faktor lain yang penting. Dalam upaya meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam pengambilan keputusan tersebut, penerapan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menjadi solusi yang baik. Salah satu metode SPK yang digunakan adalah metode Weighted Product (WP), yang memperhitungkan beberapa faktor dengan bobot masing-masing. Metode WP telah berhasil diterapkan dalam berbagai penelitian sebelumnya, seperti penelitian di MTs Negeri 1 Pesawaran untuk menentukan siswa terbaik berdasarkan bobot dan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian lain juga menggunakan metode WP dalam pemilihan pelanggan terbaik di sebuah toko dan pemilihan karyawan terbaik dalam suatu perusahaan. Dari penelitian-penelitian sebelumnya, metode WP telah terbukti efektif dalam meningkatkan efisiensi dan objektivitas dalam pengambilan keputusan. Pada penelitian ini juga didapatkan hasil bahwa Dimas terpilih sebagai siswa lulusan terbaik.

References

Ikhsan, Faturahman Kurniawan, Edwar Rosman, Aliy Hafiz, Ifo Wahyu Pratama. “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Terbaik Di Mts Negeri 1 Pesawaran Menggunakan Metode Weighted Product Berbasis Website.” Jurnal Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Informatika Vol. 2, no. 1 (2023)

Yanti, Fitri, Jaka Sutresna. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Customer Terbaik Menggunakan Metode WP.” Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications Vol. 1, No. 2 (2020)

Fridayanthie, Eka W, Nanda Khoirurrizky, Tri Santoso. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Weighted Product.” Jurnal Informatika dan Komputer Vol. 22, No 1 (2020)

Hafiz, Aliy, Ifo Wahyu Pratama, Beti Susilawati, Sulastri, Bambang Suprapto. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Santri Terbaik Dengan Pendekatan Weighted Product.” Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK) ke 5 (2021)

Hafiz, Aliy, Muhammad Ma’mur. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Pendekatan Weighted Product.” Jurnal Cendikia Vol. XV (2018)

Mulyani, Fita. 2015. Keefektifan Metode Pencocokan Kartu Indeks Dalam Pembelajaran Memahami Teks Cerpen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Samigaluh Kulonprogo Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Purba, Chasika Rani. 2015. Perbandingan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product Method (WPM) Dalam Pemberian Jaminan Kesehatan Masyarat. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Andhika, Fitria. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Perankingan Penerima Bsm Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product Model (WPM). Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Anggraini, Sitta Ayu, William Ramdhan, Masitah Handayani. “Implementation Of The Weighted Product Method Recipients Of The Regional Operational Assistance Program (BOSDA) For Education Early Childhood.” Jurnal Teknik Informatika (JUTIF) Vol. 3, No. 4 (2022)

Ardhi, Aqoid Mustofa, Dwi Remawati, Sri Hariyati Fitriasih. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Di SMP Negeri 1 Polokarto Sukoharjo Menggunakan Metode Weighted Product (WP).” Jurnal Ilmiah SINUS Vol. 15, No. 2 (2017)

Sumarlinda, Sri, Wijiyanto, Wiji Lestari. “Decision support system for lecturer publication mapping using kmeans clustering method.” Journal of Intelligent Decision Support System (IDSS) 5 (4) (2022) 140-145 (2022)

Published

2023-07-25