PENGARUH STRATEGI PERENCANAAN PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF YANG MODERN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI MASA KINI
Keywords:
Kata kunci: strategi perencanaan pemasaran, keunggulan kompetitif, penjualan produk, bisnis, era digital.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi perencanaan pemasaran terhadap keunggulan kompetitif yang modern dalam rangka meningkatkan penjualan produk di masa kini. Keunggulan kompetitif menjadi faktor penting dalam dunia bisnis yang semakin dinamis dan kompetitif, khususnya di era digital. Dalam penelitian ini, strategi perencanaan pemasaran diidentifikasi sebagai salah satu pendorong utama untuk mencapai keunggulan kompetitif yang relevan dengan tuntutan pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi untuk menguji hubungan antara strategi pemasaran dan pencapaian keunggulan kompetitif. Perubahan yang signifikan dalam teknologi, konsumen dan persaingan pasar masa kini yang harus membuat perusahaan untuk mengembangkan strategi yang adaptif pada inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penerapan strategi perencanaan pemasaran yang baik dengan peningkatan keunggulan kompetitif dan penjualan produk , 2 ) perencanaan strategi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Dengan demikian, perusahaan yang mampu merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran secara efektif akan memperoleh keunggulan kompetitif yang akan meningkatkan kinerja penjualan produk mereka. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi perusahaan dalam merumuskan strategi pemasaran yang adaptif dan inovatif guna menghadapi tantangan pasar yang terus berkembang.
References
Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40-47.
Aulia, R., Dewita, S. A., Afrina, W., & Nofirda, F. A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Digital yang Efektif dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing di Industri E-commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31179-31184.
Barney, J. B. (2022). "Firm Resources and Sustained Competitive Advantage." Journal of Management, 17(1), 99-120
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2021). "Digital Marketing." Pearson.
Fadli, M. F. (2021). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada PT. Telkom Pontianak. Jurnal Ekonomi Integra, 11(1), 001-012.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). "Marketing Management." Pearson Education.
Miradji, M. A., Vercelly, W. A. S., Faiz, R. M., Aisyah, M. K., & Yuherda, A. (2024). INOVASI DALAM MANAJEMEN STRATEGI:" MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF DI ERA DIGITAL". Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 28-38.
Mubarok, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada UMKM Batik Tulis Argotirto).
Nurmalasari, N., Widarwati, E., Audina, R. N., Apriandi, D. W., & Holle, M. H. (2024). Analisis Strategi Digital Untuk Peningkatan Keunggulan Kompetitif Dalam Rangka Improvisasi Kinerja Keuangan UMKM. AMAL: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 24-41.
Tyoso, J. S. P., & Haryanti, C. S. (2020). Perlukah Mempertahankan Keunggulan Kompetitif oleh UMKM?(Studi Kasus UMKM Semarang). Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 123-135.