Analisis Break Even Point pada UMKM Ayam Geprek Kedai TOP

Authors

  • Muhammad Syafi'i Ma'arif duta bangsa university
  • Nauval Nabil Iman Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nurdin Mukti Widodo Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Rudi Susanto Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

UMKM, Usaha Ayam, Ayam Geprek, Break Event Point, BEP, Sales

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Break Even Point (BEP) pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Ayam Geprek Kedai TOP. BEP adalah titik di mana total pendapatan sama dengan total biaya sehingga tidak terjadi keuntungan maupun kerugian. Metode yang digunakan adalah analisis BEP dengan menggunakan data penjualan dan biaya operasional UMKM Ayam Geprek Kedai TOP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Ayam Geprek Kedai TOP mencapai BEP pada volume penjualan sebesar 578 unit per bulan. Temuan ini memberikan informasi penting bagi manajemen dalam merencanakan strategi peningkatan efisiensi dan profitabilitas usaha.

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Muhammad Syafi’i Ma’arif, Nauval Nabil Iman, Nurdin Mukti Widodo, & Rudi Susanto. (2025). Analisis Break Even Point pada UMKM Ayam Geprek Kedai TOP . Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 5(1), 246–252. Retrieved from https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/4468