Study Kelayakan Bisnis Pada PT. Busana Kreasi Aleni
Keywords:
busana, studi kelayakan, produkAbstract
PT Busana Kreasi adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri fashion dengan fokus utama pada produksi dan distribusi pakaian siap pakai untuk pasar lokal. Perkembangan industri fashion yang pesat, didorong oleh perubahan gaya hidup masyarakat serta meningkatnya minat terhadap produk-produk lokal berkualitas, menjadi peluang strategis bagi perusahaan untuk berkembang lebih jauh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan bisnis pada PT Busana Kreasi, perusahaan yang bergerak di bidang industri fashion. Studi kelayakan ini dilakukan untuk mengevaluasi potensi keberlanjanjutan berdasarkan aspek-aspek utama seperti pasar, teknis, keuangan, manajemen, dan hukum. Data yang digunakan diperoleh melalui survei, wawancara, dan analisis literatur terkait industri busana. Aspek pasar menunjukkan permintaan yang tinggi terhadap produk busana berkualitas, didukung oleh tren mode yang terus berkembang. Secara keuangan, perhitungan menunjukkan bahwa proyek bisnis ini layak secara ekonomi dengan tingkat pengembalian yang kompetitif dan risiko investasi yang terkendali, serta memiliki manajemen yang kompeten dalam mengelola sumber daya manusia dan operasional.
References
Hasan, S., Elpisah, E., Sabtohadi, J., Zarkasi, Z., & Fachrurazi, F. (2022). Studi Kelayakan Bisnis. Penerbit Widina.
Sofian, S. E. (2024). Studi Kelayakan Bisnis. Berkah Aksara Cipta Karya.
Rofa, I. T., Meilani, A. R., an Hasibu, N. M., Nasution, A. K., & Suhairi, S. (2021). Analisis Aspek Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 222-235.
Aditama, R. A., & Sos, S. (2020). Pengantar Bisnis: Dilengkapi dengan Studi Kelayakan Bisnis. AE Publishing.
Nurjanah, S. (2013). Studi kelayakan pengembangan bisnis pada PT Dagang Jaya Jakarta. The Winners, 14(1), 20-28.
Adnyana, I. M. (2020). Buku: Studi Kelayakan Bisnis.
Khoirudin, I. (2024, January). Studi Kelayakan Bisnis Pengembangan Usaha Busana Muslim di Kota Surakarta. In Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi (Vol. 4, No. 1).
Rofa, I. T., Meilani, A. R., an Hasibu, N. M., Nasution, A. K., & Suhairi, S. (2021). Analisis Aspek Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 222-23.
Hastuti, Indra. "Pengembangan Usaha Syariah melalui Program Pengembangan Kewirausahaan bagi Mahasiswa di Universitas Duta Bangsa Surakarta." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8.3 (2022): 3507-3513.