Peran Hukum dalam Menjaga Etika Bisnis Di Era Digital
Abstract
Peningkatan pelanggaran etika bisnis di era digital telah menjadi tantangan besar dalam menjaga keberlanjutan dan stabilitas ekonomi global. Dunia perdagangan menghadapi tekanan untuk segera memperbaiki praktik bisnis yang melibatkan etika dan tanggung jawab sosial. Teknologi digital dan globalisasi memperluas jangkauan operasional bisnis, namun juga memperkenalkan risiko pelanggaran etika yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran hukum dalam mendukung penerapan etika bisnis di lingkungan digital. Dengan menggunakan metode penelitian pustaka (library research), penelitian ini menganalisis berbagai regulasi yang ada, serta mengidentifikasi tantangan dalam implementasi hukum bisnis di dunia digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun regulasi telah ada, tantangan implementasi masih signifikan, termasuk lemahnya penegakan hukum, perbedaan regulasi antarnegara, serta kesadaran etika yang rendah di kalangan pelaku usaha dan konsumen. Penelitian ini merekomendasikan pembaruan regulasi yang adaptif terhadap perkembangan teknologi, penguatan pengawasan, dan pendidikan etika digital sebagai langkah untuk menciptakan kerangka hukum yang efektif dan mendukung praktik bisnis yang lebih etis di era digital.
References
Butarbutar, B. (2019). Peranan etika bisnis dalam bisnis. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(2), 187-195.
Durin, R. (2020). Arti Penting Menjalankan Etika Dalam Bisnis. VALUTA, 6(1), 32-40.
Hadi, Supriyanto. (1999). PEMBERDAYAAN HUKUM DALAM RANGKA MENINGKATKAN PERAN ETIKA BISNIS PADA BISNIS JUAL BELT PERANGKAT KERAS KOMPUTER DI KOTAMADYA SEMARANG. Diss. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
Hasoloan, A. (2018). Peranan etika bisnis dalam perusahaan bisnis. Warta Dharmawangsa, (57).
Hazizah, S. N., & Aslami, N. (2021). Peranan Etika Dan Tanggung Jawab Sosial Dalam Bisnis Internasional. Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), 2(2), 189-195.
Keraf, S., & Imam, R. H. (1998). Etika Bisnis. Kanisius, Yogyakarta.
Mulyadi, S. (2020). Perlindungan Hukum dalam Dunia Bisnis Digital. Jurnal Hukum Bisnis Digital, 5(2), 103-115.
Nst, D. A. D., Maisyarah, R., Buaya, R. L., & Napitupulu, J. Y. (2024). PENTINGNYA PERAN ETIKA BISNIS DALAM KEBERLANJUTAN PERUSAHAAN BISNIS. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 11(6), 21-30.
Sinambela, E. A., SE, M., Lelo Sintani, M. M., Winanto Nawarcono, S. E., Kamaruddin, M. M., J., SM, M., & Saksono, H. BISNIS DIGITAL.
Silviyah, N. M., & Lestari, N. D. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM. Al Iqtishod, 10(1), 96-112.
Untung, B. (2012). Hukum dan Etika Bisnis: dilengkapi Studi Kasus dan UU.