Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional Melalui Peran Gen Z Menuju Indonesia Emas 2045

Authors

  • Ilham Khomarudin Universitas Duta Bangsa
  • Ihsan Nudin Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Radit Satria Alfareza Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Retna Dewi Lestari Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Peran Gen Z, Pertumbuhan Ekonomi Nasional.

Abstract

Rendahnya partisipasi dan minat Gen Z dalam sektor-sektor ekonomi strategis, yang dapat mengancam keberlanjutan pertumbuhan ekonomi Indonesia, meskipun negara memiliki potensi besar untuk mencapainya, jika tidak ada pemberdayaan yang efektif terhadap generasi muda melalui pendidikan, pelatihan, dan kebijakan yang mendukung inovasi serta kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional melalui peran gen z menuju indonesia emas 2045. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan library research dengan analisis data kualitatif untuk menggali peran dan partisipasi Gen Z dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gen Z memiliki peran yang sangat strategis dalam memajukan perekonomian Indonesia, terutama di sektor ekonomi kreatif, teknologi, dan energi terbarukan. Dengan kreativitas, inovasi, dan kemampuan adaptasi yang tinggi, mereka dapat menciptakan solusi efisien dan berkelanjutan, seperti pengembangan aplikasi digital yang mendukung efisiensi produksi, serta startup berbasis teknologi yang mendukung hilirisasi sumber daya alam. Selain itu, Gen Z juga dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk menyediakan akses pelatihan dan pendanaan bagi UMKM, serta mendorong transisi energi terbarukan melalui solusi inovatif. Untuk mengoptimalkan potensi tersebut, diperlukan koordinasi yang baik antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat, khususnya Gen Z, serta evaluasi berkala untuk memastikan efektivitas dan kesesuaian program dengan kebutuhan ekonomi yang terus berkembang. Dengan upaya kolaboratif ini, diharapkan dapat tercapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di seluruh daerah Indonesia.

References

Abidin, E. Z. (1992). Jepang Pemimpin Ekonomi Dunia Abad ke-21. Unisia, (15), 93-100.

Adhim, A. A., & Nugraheni, N. (2024). Peran Pendidikan Berkelanjutan Pada Era Gen-Z. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4).

Hakim, A. P. N., Sabela, S., Tsaqib, M. F., & Wardani, A. (2024). Partisipasi Gen Z dalam Konteks Dinamika Pembangunan di Indonesia. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 8(1), 21-29.

Huda, M. R. M., & Mukhlis, I. (2023). Business Ethics And Freedom of Opinion for Gen-Z: Systematic Literature Review. Business and Investment Review, 1(6), 83-90.

Marlinah, L. (2017). Meningkatkan ketahanan ekonomi nasional melalui pengembangan ekonomi kreatif. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 258-265.

Oktaviani, D. A., & Rozci, F. (2023). Analisis Penyebab Menurunnya Minat dan Partisipasi Generasi Muda dalam Sektor Pertanian: Analysis of the Causes of Decreasing Interest and Participation of Young Generation in the Agricultural Sector. Jurnal Ilmiah Manajemen Agribisnis, 11(1), 48-56.

Purwadinata, S., & Ridolof, W. B. (2024). Perekonomian Indonesia: Persoalan Kebijakan, Isu Kontemporer dan Globalisasi Pembangunan. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Sari, P. (2023). Melibatkan Generasi Muda dalam Ekonomi dan Bisnis “Menghadapi Tantangan dan Peluang di Era

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Khomarudin, I. ., Nudin, I., Alfareza, R. S., & Lestari, R. D. (2025). Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional Melalui Peran Gen Z Menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 5(1), 167–172. Retrieved from https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/4332