Pengolahan Biji Kakao Menjadi Cocoa Powder Di PT. Pagilaran Bekerja Sama dengan UGM CTLI (Cocoa Teaching Learning Industry)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tri Purwani

Abstract

Subsektor perkebunan merupakan subsektor yang memiliki nilai ekspor paling besar di antara subsektor lainnya. Salah satu subsektor perkebunan yang memiliki komoditas unggulan adalah kakao. Indonesia merupakan salah satu produsen utama kakao di dunia. Oleh karena itu, pada penulisan laporan ini membahas mengenai bagaimana proses pengolahan biji kakao menjadi cocoa powder di PT Pagilaran yang bekerjasama dengan UGM CTLI. Selanjutnya dianalisis juga mengenai kendala yang dihadapi saat proses produksi dan solusi yang dapat ditawarkan. Tujuan yang akan dicapai antara lain dapat mengetahui dan memahami bagaimana proses pengolahan cocoa powder dari biji kakao yang difermentasi di PT Pagilaran yang bekerja sama dengan UGM CTLI dan mengetahui kendala dalam proses pengolahan cocoa powder serta membuat alternatif atau solusi yang tepat. Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan ini adalah observasi atau pengamatan langsung, dokumentasi dan studi pustaka. Hasilnya yang didapatkan bahwa proses pengolahan cocoa powder oleh PT Pagilaran yang bekerja sama dengan UGM CTLI terdapat 12 alur tahapan. Adapun kendala yang dialami dalam proses produksi diantaranya biji kakao yang mahal, rendahnya produktivitas dan kualitas mutu kakao dari petani sehingga bahan pasok di pabrik menjadi berkurang, akibatnya pabrik tidak beroperasi. Solusi yang dapat diterapkan yaitu dengan penggunakan SIG.


Kata Kunci: cocoa, proses produksi, kendala, solusi

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purwani, T. (2024). Pengolahan Biji Kakao Menjadi Cocoa Powder Di PT. Pagilaran Bekerja Sama dengan UGM CTLI (Cocoa Teaching Learning Industry). Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 4(1). Retrieved from https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/3713