Penerapan Manajemen Kas dan Manajemen Piutang dalam Laporan Keuangan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

qoriatul amalia putri

Abstract

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya laporan keuangan dalam pengambilan keputusan bagi investor dan manajemen. Permasalahan penelitiannya adalah perlunya pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien untuk menjamin kelancaran operasional perusahaan dan meminimalkan risiko kerugian finansial. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi strategi dan alat untuk pengelolaan kas, piutang, dan kredit. Metodologi yang digunakan meliputi tinjauan literatur oleh Hanafi, Rahmadi Murwanto, Kasmir, Warren.CS, Syakur, Harjito, Martono, Susilo, dan Jumingan untuk mengumpulkan wawasan mengenai pengelolaan keuangan. Temuan ini menekankan pentingnya pengelolaan kas yang efektif dalam memastikan likuiditas dan efisiensi operasional, perlunya pengelolaan piutang yang optimal untuk menyeimbangkan biaya dan manfaat kebijakan kredit, dan variabel-variabel kunci dalam pengelolaan kredit, seperti standar kredit, jangka waktu kredit, diskon, dan penagihan. kebijakan. Implikasi dari penelitian ini menyoroti pentingnya penerapan praktik manajemen keuangan yang baik untuk mencapai hasil positif bagi perusahaan.


 


Kata Kunci: pengelolaan keuangan, pengelolaan kas, pengelolaan piutang, pengelolaan kredit.


 


 


Abstract


 


This research is motivated by the importance of financial reports in decision making for investors and management.  The research problem is the need for effective and efficient financial management to ensure smooth company operations and minimize the risk of financial loss.  The goal is to explore strategies and tools for cash, receivables, and credit management.  The methodology used includes literature reflections by Hanafi, Rahmadi Murwanto, Kasmir, Warren.CS, Syakur, Harjito, Martono, Susilo, and Jumingan to gather insights regarding financial management.  The conclusion is the importance of effective cash management in ensuring liquidity and operational efficiency, need for optimal collection management to balance the costs and benefits of credit policies, and key variables in credit management, such as credit standards, credit terms, discounts and collections policy.  The implications of this research highlight to the importance of implementing good financial management practices to achieve positive results for the company.


 


 


Keywords:  financial management, cash management, receivables management, credit management.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
putri, qoriatul amalia . (2024). Penerapan Manajemen Kas dan Manajemen Piutang dalam Laporan Keuangan . Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 4(1). Retrieved from https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/3652